Debat 3 Mic Gibran Viral, Ketua KPU Membantah Fitnah Roy Surya

by -108 Views

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menegaskan bahwa Pakar Telematika Roy Suryo telah menyebar fitnah terkait mikrofon yang digunakan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat Pilpres 2024. Debat tersebut berlangsung secara spontan dan tidak ada contekan maupun bisikan yang diterima oleh cawapres saat debat berlangsung.

Hasyim menyatakan bahwa semua cawapres, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD menggunakan alat yang sama. Ia membantah memberikan ear feeder kepada Gibran dan menegaskan bahwa semua cawapres menggunakan tiga mikrofon untuk antisipasi jika salah satu mikrofon tidak berfungsi.

Hasyim juga mengatakan bahwa publik dapat memastikan kepada stasiun televisi penyelenggara dan tim pasangan capres cawapres bahwa alat yang digunakan adalah mikrofon. KPU sebagai penyelenggara debat juga siap bertanggung jawab atas hal ini.

Sebelumnya, Pakar Telematika Roy Suryo menyoroti jumlah mikrofon yang digunakan oleh Gibran saat debat cawapres. Ia menyebut bahwa Gibran menggunakan tiga alat, yaitu clip on, hand held, dan earphone, yang berbeda dengan jumlah mikrofon yang digunakan oleh cawapres lainnya. Roy meminta agar KPU bersikap adil kepada semua peserta debat untuk menghindari kecurangan.

Artikel Selanjutnya
Politikus Golkar: Duet Prabowo-Gibran Ideal di Pilpres 2024

(ayh/ayh)