Daftar Kelompok Bersenjata yang Membuat Israel Ketakutan

by -113 Views
Daftar Kelompok Bersenjata yang Membuat Israel Ketakutan

Keberadaan Israel di wilayah Palestina telah menimbulkan pertentangan yang besar. Tercatat, Israel telah menerima serangan beberapa kali dari tetangganya.

Setelah berhasil memenangkan beberapa pertempuran dengan negara-negara sekitarnya, Israel kali ini menghadapi perlawanan dari kelompok-kelompok milisi bersenjata yang tersebar di sekelilingnya.

Berikut daftar kelompok bersenjata yang ditakuti Israel sebagaimana dirangkum CNBC Indonesia, Rabu (20/12/2023).

1. Hamas
Hamas merupakan milisi perlawanan yang berbasis di Gaza, Palestina. Didirikan oleh Ahmed Yassin pada tahun 1987, kelompok ini bertujuan untuk kehancuran Israel dan pembentukan masyarakat Islam di Palestina yang bersejarah. Salah satu serangan pertama Hamas adalah bom bunuh diri pada bulan April 1993. Sejak itu, Hamas telah terlibat dalam berbagai aksi kekerasan terhadap Israel.

2. Hizbullah
Hizbullah adalah partai politik dan kelompok militan Muslim Syiah yang berbasis di Lebanon. Dipimpin oleh Hassan Nasrallah, Hizbullah didukung oleh Iran dan memiliki perlawanan yang kuat terhadap Israel. Hizbullah menerima dukungan dari Iran dan beberapa negara lainnya.

3. Jihad Islam Palestina
Jihad Islam Palestina (PIJ) didirikan pada tahun 1981 dan memiliki hubungan kerja yang baik dengan intelijen Mesir. Mereka memiliki sejarah panjang dalam menyerang tentara dan warga sipil Israel.

4. Lion’s Den
Lions’ Den adalah kelompok bersenjata Palestina yang muncul setelah pembunuhan Ibrahim Al Nabulsi oleh pasukan Israel pada Agustus 2022. Kelompok ini tampaknya tidak memiliki ikatan formal dengan faksi-faksi yang sudah mapan, namun mereka tumbuh dari apa yang disebut ‘Batalyon Nablus’, sebuah kelompok payung lokal.

Selain keempat kelompok di atas, masih banyak kelompok bersenjata lain di wilayah Palestina yang merupakan ancaman bagi Israel. Konflik antara kelompok-kelompok ini dan Israel terus berlangsung hingga saat ini.