Tiga Negara Ini Memimpin dalam Mengiriman Barang Impor ke Indonesia

by -136 Views
Tiga Negara Ini Memimpin dalam Mengiriman Barang Impor ke Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 3 negara yang melakukan impor barang nonmigas paling banyak ke Indonesia selama bulan November 2023. Ketiga negara tersebut adalah China, Jepang, dan Thailand.

“Tiga besar negara asal impor adalah Tiongkok, Jepang, dan Thailand,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat, (15/12/2023).

Pudji mengatakan China masih menjadi negara utama asal impor nonmigas ke Indonesia dengan kontribusi pada November mencapai 35,43%. “Ini lebih tinggi dibandingkan Oktober 2023 yang mencapai 34,62%, tetapi nilai ini lebih rendah dibandingkan November tahun lalu yaitu 36,52%,” kata Pudji.

Pudji melanjutkan impor nonmigas dari Tiongkok selama November 2023 mencapai nilai US$ 5,70 miliar atau naik 6,55% dibandingkan Oktober 2023. Komoditas yang paling banyak dikirim ke Indonesia dari China di antaranya mesin dan peralatan mekanis; sayuran; perabotan, lampu, dan alat penerangan.

Sementara itu, impor nonmigas dari Jepang selama November menyentuh nilai US$ 1,28 miliar atau memiliki pangsa pasar 7,95%. Pudji mengatakan angka ini turun 17,92% dari bulan lalu.

“Komoditas utamanya adalah kapal, perahu, dan struktur terapung, kemudian kendaraan serta bagiannya dan besi baja,” kata Pudji.

Pudji melanjutkan impor Indonesia dari Thailand mencapai US$ 0,81 miliar atau memiliki pangsa pasar sebanyak 5,04% dari seluruh total impor Indonesia selama bulan November 2023. Angka ini turun 3,45% dibandingkan bulan sebelumnya.

Pudji mengatakan komoditas yang paling banyak diimpor adalah plastik dan barang dari plastik, mesin peralatan elektrik, dan buah-buahan.

“Dari 3 negara itu hanya impor dari Tiongkok yang nilainya mengalami peningkatan bulanan, sementara dari Jepang dan Thailand mengalami penurunan secara bulanan dan tahunan,” kata dia.