RI Kirim Kapal RS untuk 9 Update Gaza dengan Korban Tembus 18 Ribu

by -130 Views
RI Kirim Kapal RS untuk 9 Update Gaza dengan Korban Tembus 18 Ribu

Serangan pasukan Israel ke Jalur Gaza masih berlangsung hingga kini. Terbaru, setidaknya 10 orang dikatakan tewas dalam serangan terhadap sekolah PBB di Khan Younis dan rumah-rumah di Gaza selatan.

Perusahaan telekomunikasi Palestina juga mengatakan layanan di Gaza kemblai terputus akibat serangan Israel. Kantor media pemerintah Gaza mengatakan pemadaman komunikasi menghambat upaya penyelamatan.

Berikut update situasi terkait Gaza, Tepi Barat dan sekitarnya, seperti dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Jumat (15/12/2023).

Jumlah Korban Tewas Tembus 18 Ribu
Kementerian Kesehatan Palestina dan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS), seperti dikutip Al Jazeera, mencatat setidaknya ada 18.787 korban tewas, termasuk sekitar 7.729 anak-anak dan 5.153 wanita per Jumat (15 Desember 2023).
Korban luka-luka melebihi 50.897 orang, termasuk 8.663 anak-anak dan 6.327 perempuan. Setidaknya 7.780 warga juga dilaporkan hilang di Gaza.
Sementara di Tepi Barat, tercatat 289 orang tewas, termasuk sekitar 65 anak-anak dan lebih dari 3.365 dilaporkan luka-luka.
Sementara jumlah korban di Israel kembali direvisi. Korban tewas pada serangan Hamas 7 Oktober lalu berubah dari 1.400 menjadi 1.200 orang. Sementara luka-luka 8.730 orang. Tentara yang tewas 448 orang.
Setidaknya total 63 jurnalis telah terbunuh sejak perang Israel-Gaza dimulai pada 7 Oktober. Menurut Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) dan Federasi Jurnalis Internasional (IFJ), sebanyak 56 jurnalis Palestina, 4 jurnalis Israel, dan 3 jurnalis Lebanon telah terbunuh.

Angkatan Laut RI Siapkan Kapal RS untuk Gaza
Kepala Staf Angkatan Laut (AL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan Indonesia berencana mengirim kapal rumah sakit ke Gaza untuk memberikan bantuan medis bagi korban perang.
Melansir AFP, kapal KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat (992) saat ini sedang berlabuh di Jakarta menunggu izin dari Mesir untuk memasuki perairannya dan akan mendirikan rumah sakit lapangan di dekat Gaza.
Collin Koh, peneliti senior di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura dan spesialis urusan angkatan laut Indo-Pasifik, mengatakan bahwa misi semacam itu melibatkan perencanaan dan pelaksanaan yang rumit selama masa perang.
“Tergantung pada lokasi tepatnya, akan ada tingkat risiko tertentu terhadap keselamatan personel,” kata Koh kepada Al Jazeera, sambil mencatat kemungkinan kapal tersebut akan berfungsi sebagai rumah sakit terapung yang ditempatkan di lepas pantai Gaza.
Rumah sakit mungkin harus menggunakan pesawat sayap putar dan kapal pendarat kecil serta perahu untuk mengangkut orang dan material ke dan dari pantai.
“Operasi semacam itu pasti rumit dan penuh bahaya. Hal ini tentu memerlukan koordinasi besar dengan pemerintah setempat,” katanya.

Baku Tembak Hebat Terjadi di Rafah
Al Jazeera melaporkan terjadinya baku tembak besar-besaran di bagian timur kota Rafah. Diketahui ini bukan pertama kalinya hal itu terjadi. Dalam beberapa hari terakhir, terjadi peningkatan baku tembak.
“Ada kekhawatiran yang semakin besar di kalangan penduduk Rafah dan satu juta pengungsi bahwa mungkin ada perluasan operasi militer Israel yang mencakup sebagian Rafah, atau bahkan seluruhnya,” demikian laporan tersebut.

Bentrokan Tentara Israel dan Hamas di Khan Younis
Hani Mahmoud dari Al Jazeera, melaporkan dari Rafah, mengatakan pertempuran sengit sedang terjadi di Khan Younis antara tentara Israel dan pejuang Hamas.
Khan Younis sebelumnya mendapat serangan hebat, yang terjadi di dekat sekolah UNRWA tempat para pengungsi berlindung. Rekaman yang disiarkan oleh media lokal menunjukkan warga Palestina membawa jenazah ke Kompleks Medis Nasser dan mengadakan pemakaman.
Mahmoud mengatakan beberapa orang yang terluka telah keluar dari fasilitas medis dan kembali ke rumah hanya untuk menemukan bangunan mereka hancur. Banyak dari mereka yang masih memiliki kerabat di bawah reruntuhan karena operasi penyelamatan menjadi sulit karena kurangnya peralatan.

12 Orang Tewas di Khan Younis
Rumah sakit Nasser mengonfirmasi setidaknya 12 orang tewas, dan sekitar 25 orang terluka dalam serangan di Khan Younis,
Koresponden Al Jazeera di Gaza mengatakan perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban menyusul pemboman besar-besaran di dekat sekolah UNRWA yang menampung para pengungsi.

Sullivan Buka Suara Soal Kendali Gaza
Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan telah menyelesaikan kunjungannya ke Israel sebelum berangkat ke Tepi Barat yang diduduki.
Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat diambil dari pengarahannya sebelum keberangkatannya:
Mengenai skenario pascaperang:
– Pemerintah Israel mengindikasikan tidak memiliki rencana jangka panjang untuk “menduduki” Gaza
– Kendali atas Gaza harus dialihkan ke tangan Palestina dan ada kebutuhan untuk bekerja sesuai jangka waktu
– Otoritas Palestina perlu diubah dan direvitalisasi.
Tentang pertempuran di Gaza:
– Akan ada fase baru dalam perang yang berfokus pada penargetan kepemimpinan Hamas
Melakukan diskusi berharga di Israel mengenai peralihan ke operasi militer yang tidak terlalu intens
– Kami setuju dengan Israel bahwa pertempuran akan memakan waktu berbulan-bulan, namun dalam tahapan yang berbeda
– Kami berupaya untuk membebaskan sisa tawanan Israel di Gaza.

Tentara Israel Hancurkan Terowongan di Lingkungan Shujayea Gaza
Tentara Israel mengatakan mereka sedang melakukan operasi militer di lingkungan Shujayea, sebelah timur pusat Kota Gaza.
Juru bicara militer Avichay Adraee mengatakan di X bahwa militer menghancurkan markas besar batalion yang terkait dengan Hamas dan sebuah terowongan. Dia menambahkan bahwa seorang “penyabot” terbunuh setelah mencoba melemparkan alat peledak ke arah mereka

Kondisi Menyedihkan Kamp Jenin
Serangan tentara Israel di kamp pengungsi Jenin, Tepi Barat yang diduduki, yang berlangsung selama 60 jam meninggalkan suasana yang menyedihkan. Hal ini disampaikan oleh Hoda Abdel-Hamid dari Al Jazeera.
“Ini adalah kota terpencil, semuanya ditutup,” kata Abdel-Hamid, melaporkan di pintu masuk kamp pengungsi tempat tentara Israel ditempatkan.
Dinding toko-toko di lokasi tersebut menunjukkan gambar Bintang Daud dan simbol-simbol Israel lainnya, sementara air limbah memenuhi jalan-jalan ketika infrastruktur kamp hancur.
“Buldoser adalah yang pertama masuk dan menghancurkan segala sesuatu yang menghalangi mereka sehingga membuat kehidupan masyarakat di sini menjadi lebih sulit,” katanya.

Kota-kota Perbatasan Lebanon Ditembak Israel
Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan penembakan artileri Israel di sepanjang perbatasan.
Penembakan dilaporkan terjadi di Ramiya dan Beit Lif dan di pinggiran Alma al-Chaab. Tentara Israel juga telah menyebarkan selebaran yang memperingatkan penduduk di Kfar Shuba, Lebanon selatan, memperingatkan mereka akan aktivitas Hizbullah.
Menyusul pecahnya perang di Gaza, kelompok Hizbullah hampir setiap hari melancarkan serangan roket ke Israel sementara Israel melancarkan serangan udara dan artileri di Lebanon selatan.