Mencari Perusahaan Energi Unggulan di Tengah Rencana Transisi

by -134 Views

Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral memiliki kontribusi besar terhadap pendapatan negara dan nilai tambah perekonomian. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor ini mencapai Rp 224 triliun hingga kuartal III-2023, atau sekitar 99,90% dari target awal Rp 225 triliun.

Realisasi PNBP sektor ESDM didorong oleh pendapatan sumber daya alam subsektor mineral dan batubara (minerba) yang melebihi target 2023 sebesar 155,93%. Dari target Rp 85 triliun, PNBP minerba mencapai Rp 132 triliun atau 155,93%.

Namun, sektor ini dihadapkan pada tantangan agenda nol emisi karbon, di mana pemerintah berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29-41% pada 2030. Sektor energi juga menargetkan penurunan emisi GRK sebesar 314-446 juta ton CO2 pada 2030 melalui pengembangan energi terbarukan, efisiensi energi, konservasi energi, dan teknologi energi bersih.

Dalam rangka mengapresiasi kinerja sektor tersebut, CNBC Indonesia menggelar Road to CNBC Awards 2023-Best Energy Companies pada 31 Oktober 2023. Penghargaan ini akan diberikan kepada para pelaku di sektor energi dan sumber daya mineral yang berhasil meraih kesuksesan di tengah ketidakpastian ekonomi Tanah Air.

Sebelum pemberian penghargaan, akan diselenggarakan dialog eksklusif yang membahas industri energi dan sumber daya mineral di Indonesia. Dialog ini akan dipandu oleh anchor CNBC Indonesia dan narasumber yang kompeten.

Road to CNBC Indonesia Awards merupakan rangkaian dari CNBC Indonesia Awards 2023 dengan tema “Maintaining Optimism Amid Uncertainty” yang akan digelar pada Desember 2023. Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi berbagai sektor usaha dan industri yang berkontribusi positif terhadap kemajuan ekonomi Tanah Air.

Jangan lupa saksikan rangkaian CNBC Indonesia Awards di CNBC Indonesia Televisi dan live streaming di CNBCIndonesia.com.