Begini Hasil Turunnya Jokowi Cek Harga Sembako di Pasar

by -33 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara pada Selasa (10/9/2024) untuk melihat harga sembako yang stabil dan berharap akan berdampak pada inflasi Indonesia. Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta pejabat daerah terkait.

Jokowi menyatakan bahwa harga-harga sembako cenderung turun, seperti bawang merah seharga Rp22-25 ribu per kilogram, bawang putih Rp37 ribu per kilogram, cabe merah Rp20-an ribu per kilogram, dan cabe rawit Rp60 ribu per kilogram. Menurut Jokowi, kondisi ini diharapkan dapat memengaruhi angka inflasi di Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi juga mengunjungi Pasar Soponyono di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (6/9/2024) dan menyampaikan bahwa inflasi pangan di Indonesia berada dalam kondisi yang baik. Harga bahan pangan pokok, seperti bawang merah dan telur, mengalami penurunan signifikan. Pasokan pangan yang mencukupi dan distribusi yang lancar membuat inflasi mengalami deflasi selama empat bulan terakhir.

Hal ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga dan inflasi di Indonesia dalam jangka waktu yang lebih lama.