Perbandingan Antara Prabowo, Anies, dan Ganjar

by -121 Views
Perbandingan Antara Prabowo, Anies, dan Ganjar

Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) telah merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 untuk periode Desember 2023. Menurut hasil survei tersebut, pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menempel pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan capaian 29,1 persen, berada di bawah Prabowo-Gibran yang meraih 39,4 persen. Sementara pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), berada di urutan terakhir dengan perolehan 25,6 persen. Ada pula sebagian responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 4,4 persen, rahasia sebesar 1,0 persen, dan tidak tahu/ tidak menjawab sebesar 0,5 persen dengan total 5,9 persen.

Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, mengatakan bahwa Ganjar-Mahfud harus memperbesar perolehan suara di Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Ganjar-Mahfud juga harus mampu mempertahankan raihan suara di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang saat ini berada di angka 55,9 persen.

Hadi menambahkan bahwa Pemilihan Presiden 2024 juga berpotensi dilakukan dalam dua putaran berdasarkan data survei ICRC periode Desember 2023.

Survei ICRC ini melibatkan 1.230 orang sebagai sampel, dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,79 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, dan waktu pengumpulan data dilakukan pada tanggal 20-26 Desember 2023 dengan teknik wawancara via telepon oleh pewawancara terlatih.