Mengerti Jenis Oli Mobil, Pilihlah yang Sesuai dengan Kendaraan Anda

by -132 Views
Mengerti Jenis Oli Mobil, Pilihlah yang Sesuai dengan Kendaraan Anda

Oli mesin adalah salah satu komponen paling vital dalam menjaga performa dan umur panjang mesin mobil. Memilih jenis oli yang tepat adalah langkah kunci dalam pemeliharaan kendaraan. Namun, dengan beragamnya jenis oli mesin yang tersedia di pasaran, memahami perbedaan di antara mereka bisa membingungkan. Selain itu, setiap jenis oli mesin mobil juga memiliki perbedaan yang umumnya tertulis pada kemasan produk.

Perbedaan dapat dilihat dari jenis oli, kegunaan oli untuk jenis kendaraan tertentu, hingga tingkat kekentalannya.

Berikut jenis-jenis oli mesin mobil:

1. Oli Mineral
Oli mineral merupakan oli organik yang berasal dari proses pengolahan bahan baku minyak bumi. Umumnya oli mineral memiliki tingkat kekentalan (viskositas) yang tinggi sehingga lebih cocok digunakan untuk mesin mobil tahun 1990-an ke bawah dengan teknologi konvensional. Namun, oli mineral memiliki kelemahan dalam fungsinya untuk melepas panas yang tidak sebaik oli sintetik.

2. Oli Sintetik
Oli sintetik merupakan oli yang diciptakan khusus untuk meningkatkan performa mesin mobil yang tidak bisa dicapai base oli mineral. Terutama perkembangan teknologi saat ini dapat membuat produsen oli menciptakan oli sintetik melalui rekayasa teknologi dan kimia sehingga terciptanya oli dengan struktur molekul yang lebih baik.

Salah satu contoh oli sintetik yang telah mendunia adalah Fastron Platinum Racing, oli hasil pengembangan Pertamina Lubricants sebagai Technical Partner tim balap Lamborghini Squadra Corse, divisi balap dari Automobili Lamborghini.

Selain itu terdapat pula ragam jenis oli dari Pertamina Lubricants yang sesuai untuk segala jenis mesin mobil, seperti Fastron Gold untuk mobil luxury, Fastron Techno untuk mobil passenger seperti SUV atau MPV, hingga Fastron Ecogreen untuk Low-cost Green Car (LCGC) dan Fastron Diesel untuk mobil bermesin diesel modern.

3. Oli Semi Sintetik
Oli semi sintetik merupakan gabungan dari oli mineral dan sintetik yang menggunakan bahan dasar minyak mineral dengan penambahan sedikit sintesa hasil dari rekayasa kimia.

Penggunaan oli yang sesuai mesin kendaraan tentunya sangatlah penting, menggunakan oli yang salah untuk mesin mobil dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk mobil. Ada dua cara untuk mencari tahu oli apa yang cocok untuk setiap jenis mobil. Pertama, mengecek manual book mobil apabila tersedia. Kedua, dapat mengakses website Dr.Lube untuk mencari tahu oli Fastron mana yang cocok untuk kendaraan.