Honda Rahasia-Rahasia Produksi Motor Listrik di Jakarta

by -182 Views
Honda Rahasia-Rahasia Produksi Motor Listrik di Jakarta

PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi mengumumkan harga sepeda motor listrik Honda EM1 e dan memperkenalkan pilihan terbaru Honda EM1 e: PLUS. Executive Vice President Director (EVPD) PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menjelaskan alasan pemilihan Jakarta Utara, DKI Jakarta, sebagai lokasi produksi motor listrik Honda.

Wijaya menjelaskan bahwa pemilihan Pegangsaan Jakarta Utara sebagai lokasi produksi motor listrik Honda didasari oleh berbagai pertimbangan terkait rantai pasokan, komponen, bagian-bagian kendaraan listrik, logistik, kapasitas, kompetensi, dan kapabilitas. DKI Jakarta baru-baru ini mulai memproduksi motor listrik sementara banyak pabrikan manufaktur otomotif telah hengkang dari wilayah DKI Jakarta ke daerah lain, seperti Cikarang dan Karawang.

Meskipun demikian, Honda tetap membuka diri terhadap strategi pengalihan produksi ke wilayah lain, tergantung pada perkembangan pasar, konsumen, dan volume permintaan di masa depan. Selain motor listrik, Honda juga memproduksi kendaraan lain di pabrik Pegangsaan, seperti bebek. Beat, di sisi lain, tidak diproduksi di Pegangsaan tetapi di luar Pegangsaan.

Dengan demikian, keputusan Honda untuk memproduksi motor listrik di Jakarta Utara adalah langkah strategis yang didasari oleh pertimbangan-pertimbangan yang matang.