Anies Rini vs Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo

by -142 Views
Anies Rini vs Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo

Hasil survei elektabilitas capres-cawapres di Pulau Jawa menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 34,2%. Survei ini dilakukan oleh Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) pada tanggal 28 November hingga 5 Desember 2023. Survei tersebut meliputi populasi di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur dengan melibatkan 1.200 responden.

Menurut Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an, survei khusus dilakukan di Pulau Jawa mengingat setengah pemilih dalam Pemilu 2024 berada di pulau tersebut. Pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas 34,2%, diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan elektabilitas 30,7% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 26,3%.

Terdapat 8,7% responden yang tidak tahu/tidak menjawab, sementara pemilih yang tidak akan mengubah pilihan capres-cawapres atau strong voters sebanyak 48,6%. Ada pula yang menyebut diri sebagai swing voters sebanyak 44,0% dan undecided voters sebanyak 7,4%.

Faktor yang mempengaruhi pemilih dalam menentukan suara di Pilpres 2024 antara lain program kerja (30,7%), karakter jujur dan dapat dipercaya (19,5%), pengalaman di pemerintahan (10,6%), kecerdasan (8,0%), dan kepedulian terhadap rakyat (7,9%).

Ali menilai bahwa hasil survei menunjukkan pertarungan di Pulau Jawa masih terbuka dan tidak ada pasangan capres-cawapres yang mendominasi. Kompetisi capres-cawapres di Pulau Jawa dinilai masih sangat kompetitif.