Pecah! Inilah Kampanye Hari Pertama Anies, Prabowo & Ganjar

by -188 Views
Pecah! Inilah Kampanye Hari Pertama Anies, Prabowo & Ganjar

Kampanye Pemilihan Umum 2024 dimulai hari ini. Pasangan Calon (Paslon) mulai bergerak ke berbagai daerah untuk mencari dukungan. Periode kampanye akan berlangsung selama 75 hari, dimulai pada tanggal 28 November 2023 dan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024. Tanggal 11 Februari 2024 hingga 13 Februari 2024 merupakan masa tenang, sebelum dilaksanakannya pemungutan suara serentak pada tanggal 14 Februari 2024.

Prabowo Subianto dikenal tengah melakukan rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, pada Selasa (28/11/2023). Rapat tersebut membahas mengenai alat utama sistem pertahanan (Alutsista). Selain Prabowo, beberapa menteri lainnya seperti Tito Karnavian, Retno Marsudi, dan Arifin Tasrif juga hadir dalam rapat tersebut.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka, calon Wakil Presiden nomor urut 2, memilih untuk bekerja di Balai Kota Solo dan tidak melakukan kampanye pada hari pertama. Meski begitu, tim kampanyenya membagikan makan siang gratis untuk anak sekolah dan memberikan bantuan gizi untuk anak dan ibu hamil secara serentak di berbagai daerah.

Calon Presiden nomor urut 2, Ganjar Pranowo, melakukan kampanye di Merauke, Papua Selatan. Ia juga meluncurkan program unggulannya, yaitu satu desa satu puskesmas dan satu tenaga kesehatan. Cawapresnya, Mahfud MD, melakukan kampanye di Sabang, Aceh, yang menjadi simbol persatuan Indonesia.

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, memulai kampanyenya di Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara dengan mengendarai sepeda motor dan menyusuri gang-gang kecil untuk menyapa warga. Ia juga melakukan kampanye di GOR Ciracas Jakarta Timur dan GOR Laga Tangkas Pakansari Bogor.

Sedangkan calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, memulai kampanyenya di Jombang, Jawa Timur dengan mengunjungi beberapa tempat, seperti Pesantren Nur Khodijah, Ponpes Denanyar, serta menghadiri rapat terbuka Jaringan Perempuan Nahdliyin se-Mojokerto di Mojokerto.

Dengan dimulainya kampanye Pemilu 2024, para Paslon bergerak ke berbagai wilayah untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat.