Siapakah yang Unggul antara Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin dalam Versi Indikator?

by -183 Views
Siapakah yang Unggul antara Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin dalam Versi Indikator?

Survei Simulasi Pasangan Capres dengan Margin Error 2,9%

Jakarta, CNBC Indonesia – Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei simulasi head to head dua pasangan calon. Kali ini yang disurvei adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Survei dilakukan secara tatap muka dengan jumlah sampel 1.220 responden di 38 provinsi, dengan margin of error sebesar + 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini dilakukan pada 27 Oktober-1 November 2023. Responden survei merupakan warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih minimal berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara tatap muka.

Hasil survei menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo-Mahfud MD unggul dengan persentase 46,7%, sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 37%. Sementara itu, sebanyak 16,3% menyatakan tidak tahu atau tidak jawab terkait pilihan mereka.

Survei ini merupakan head to head tanpa pasangan sebelum 27 Oktober. Sedangkan setelah 27 Oktober, baru dilakukan simulasi dengan pasangan dimasukkan karena 27 Oktober adalah batas penutupan pendaftaran capres-cawapres.

Artikel ini ditulis oleh (wur/wur)