Prabowo Berambisi Memulihkan Proyek Mobil Produksi Indonesia

by -125 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto mengungkapkan rencananya untuk mengembangkan mobil jeep buatan Indonesia. Dia bahkan menargetkan tingkat kandungan lokal mobil tersebut bisa mencapai 92%.

Prabowo mengatakan bahwa dirinya telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memproduksi jeep buatan Indonesia. Meskipun jeep buatan RI tersebut masih lebih mahal harganya dibandingkan dengan buatan luar negeri.

Namun, Prabowo menegaskan bahwa hal tersebut tidak menjadi halangan untuk lebih memilih mendukung produk buatan Indonesia demi membangun bangsa. Prabowo mengaku lebih memilih jeep buatan Indonesia yang harganya hampir US$60.000 untuk kontrak pengadaan.

“Saya sebagai Menteri Pertahanan ditunjuk Presiden, saya sekarang bikin jeep buatan Indonesia. Memang belum bisa bersaing ekonomis. Saya dihadapkan harus memilih. Ada jeep buatan negara lain, harganya US$20 ribu, yang kita bikin sendiri harganya US$59 ribu,” katanya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia yang diselenggarakan oleh INDEF dan CNBC Indonesia, Rabu (8/11/2023).

Selanjutnya, ujar Prabowo, ke depan kandungan lokal mobil jeep buatan Indonesia akan ditingkatkan.

“Ini sekarang local content-nya sudah 73% dan sudah mengikutsertakan 133 perusahaan, termasuk yang buat kabel, buat jok, kursi. Sudah ada 133 perusahaan, jadi ini lah. Dan ke depan bisa lebih murah lagi,” cetusnya.

“Dan mungkin tahun depan kita akan bikin untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia, pabrik mesinnya di Indonesia. Nanti ini kontennya akan jadi 92%,” pungkas Prabowo.