Peringatan Terbaru dari Jokowi Tentang Kiamat yang Semakin Nyata

by -495 Views
Peringatan Terbaru dari Jokowi Tentang Kiamat yang Semakin Nyata

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan peringatan tentang perubahan iklim yang mengancam 14% populasi dunia. Jokowi mengatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggambarkan situasi tersebut sebagai global boiling.

Menurutnya, jika suhu bumi terus meningkat 1,5 derajat Celcius, diperkirakan akan menjadi ‘kiamat’ bagi 210 juta orang yang akan mengalami kekurangan air dan terpapar gelombang panas. Jokowi menyampaikan hal ini saat meresmikan Pembukaan World Hydropower Congress 2023 di Bali.

Indonesia berkomitmen untuk mempercepat transisi energi dengan menambah pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) skala besar. Berdasarkan perkiraan, potensi energi baru terbarukan di Indonesia mencapai 3.600 GW dari energi matahari, angin, panas bumi, arus laut atau ombak, bioenergi, dan arus sungai.

“Pada sektor hidro, Indonesia memiliki lebih dari 4.400 sungai yang memiliki potensi, dan 128 di antaranya adalah sungai besar,” kata Jokowi. Contohnya adalah Sungai Mamberamo di Papua dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara dengan potensi 13 ribu Megawatt.

Meskipun menghadapi tantangan seperti lokasi pembangkit listrik tenaga air yang jauh dari pusat kebutuhan listrik, masalah pendanaan yang membutuhkan investasi besar, dan alih teknologi, Indonesia telah membuat blueprint untuk menghubungkan pembangkit listrik hijau ini dari sumbernya hingga ke pusat pertumbuhan ekonomi, serta berkolaborasi dengan kekuatan ekosistem hidup di dunia.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Sebut RI Kena Gelombang Panas Super: Ini Menakutkan!

(dce)