Jokowi Mengomentari Gibran sebagai Calon Wakil Presiden Prabowo dalam Konteks Ganjar

by -144 Views

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan tanggapannya mengenai putranya, Gibran Rakabuming Raka, yang maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) dari Calon Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto. Ketika ditanya apakah ia mendukung putranya atau Calon Presiden Ganjar Pranowo yang didukung oleh PDIP dalam Pemilu 2024 nanti, Jokowi memberikan jawaban tegas. Meskipun jawaban Jokowi tersebut tidak menjawab secara langsung pertanyaan yang diajukan oleh Ketua DPR dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengenai dukungannya terhadap Ganjar Pranowo.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa ia mendukung segala hal yang baik untuk Indonesia. “Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” ujar Presiden Jokowi dalam apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu. Jokowi pun enggan memperpanjang pembicaraan mengenai apakah ia condong mendukung salah satu pasangan calon (paslon) capres dan cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, Puan meminta para wartawan untuk bertanya kepada Jokowi mengenai dukungannya terhadap Ganjar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan salah satu gugatan yang membuat putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, memiliki peluang untuk didaftarkan sebagai cawapres. “Pertanyaannya harus ditanyakan kepada Pak Jokowi, bukan kepada saya. Jadi, nanti tanyakan saat presiden sudah pulang, apakah masih mendukung Pak Ganjar Pranowo atau memiliki pilihan lain. Tolong ditanyakan. Saya juga ingin tahu jawabannya,” kata Puan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Sebagai informasi, Gibran dan Prabowo Subianto secara resmi menjadi pasangan terakhir yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10) yang lalu. Gibran dapat maju dalam Pilpres 2024 setelah MK mengeluarkan putusan yang menyatakan bahwa syarat capres dan cawapres adalah berusia 40 tahun atau memiliki pengalaman menjadi kepala daerah.