Gibran Mengungkap Isu Jokowi 3 Periode Melalui Dua Tokoh PDIP

by -157 Views
Gibran Mengungkap Isu Jokowi 3 Periode Melalui Dua Tokoh PDIP

Dua tokoh PDI Perjuangan (PDIP) membicarakan skenario masa jabatan tiga periode untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dua tokoh tersebut adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Adian Napitupulu.

Yang menarik, langkah itu PDIP dilakukan setelah Gibran Rakabuming Raka, memilih Prabowo Subianto sebagai calon wakil presidennya.

Hasto mengakui isu 3 periode memang ada dan PDIP menolak hal tersebut. Dia mengatakan permintaan 3 periode tersebut datang langsung dari sejumlah petinggi partai.

“Jadi saya sendiri mengalaminya. Jadi ketika saya sedang berziarah di Makam Bung Karno, Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big datanya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode,” kata Hasto usai menghadiri deklarasi Yenny Wahid mendukung Ganjar-Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, dikutip dari detikcom, Sabtu (28/10/2023).

Hasto juga mengaku mendengar sejumlah ketum partai menyebut isu itu sebagai permintaan langsung dari Jokowi.

Sementara itu, Adian Napitupulu berkata keretakan hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi bermula dari isu presiden tiga periode.

Dikutip dari CNN Indonesia, Mega dan PDIP sempat diminta mendukung rencana itu. Namun, mereka menolak. Menurut Adian, penolakan itu menjadi awal mula memburuknya hubungan Mega dengan Jokowi.

“Kemudian ada pihak yang marah, ya terserah mereka. Yang jelas kita bertahan untuk menjaga konstitusi. Menjaga konstitusi adalah menjaga republik ini. Menjaga konstitusi adalah menjaga bangsa dan rakyat kita,” kata Adian dalam keterangannya, dikutip Sabtu (28/10/2023).

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Pratikno Faldo Maldini membantah hubungan Jokowi dengan Mega memburuk. Dia bertanya kepada Adian dasar dari ungkapannya tersebut.

“Kalau tidak ada bukti, bisa jadi fitnah. Dari kami, tersenyumlah saja. Mari kita bersama-sama menahan diri, tidak usah memperkeruh situasi,” ucap Faldo.

Artikel Selanjutnya:

Ganjar Lagi PDKT Cawapres, PDIP Blak-Blakan Sebut Sosok Ini

(haa/haa)