Hasil Pengecekan Jokowi terhadap Jalan ‘Dajjal’ yang Viral di Lampung

by -150 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan langsung terhadap perbaikan jalan rusak di Kabupaten Lampung Tengah, pada Jumat (27/10/2023). Ini merupakan kali kedua Jokowi mengunjungi jalan rusak di wilayah ini.

“Hari ini saya ingin memastikan bahwa apa yang saya lihat 5 bulan lalu sudah berjalan baik, dan memang belum sepenuhnya selesai,” ujar Jokowi seperti yang dikutip dari siaran Setpres pada Jumat (27/10/2023).

Dari hasil tinjauan, rata-rata progres perbaikan jalan baru mencapai 60%-70%. Diharapkan perbaikan ini selesai pada akhir tahun 2023.

“Seperti yang kita lihat di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, baru selesai sekitar 60%,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga melihat bahwa pekerjaan perbaikan tersebut telah dilakukan dengan baik. Pemilihan material rigid pavement setebal 30 cm dianggap mampu bertahan hingga puluhan tahun.

“Semuanya sudah baik, jadi di dalam mobil pun bisa tidur nyenyak karena jalanan sudah mulus,” ujarnya.

Provinsi Lampung telah mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 800 miliar dari pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan 17 jalan rusak. Jokowi mengecek langsung kondisi jalan tersebut di kawasan Lampung Tengah pada Jumat (5/5/2023).

Pada saat itu, jalan di Lampung, terutama di Kecamatan Rumbia, menjadi viral karena dikritik oleh seorang kreator konten bernama Bima Yudho Saputro. Jokowi terpaksa berjibaku melewati jalan yang rusak parah di wilayah tersebut menggunakan mobil kepresidenan.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Video: Jokowi Beri Pesan Menohok ke Kejaksaan, Begini Isinya

(emy/wur)