LPEI Berencana Naik Kelas dengan Transformasi Digital

by -108 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Pembangunan di Indonesia perlu didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Oleh karena itu, kegiatan ekspor diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian, seperti menyediakan devisa, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan nilai tambah.

Indonesia Eximbank, atau yang dikenal sebagai Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), mendorong peningkatan kemampuan pelaku usaha, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM), dalam menghasilkan produk-produk yang unggul dan berdaya saing untuk diekspor.

Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso, mengatakan bahwa ekosistem ekspor Indonesia perlu diperkuat dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital agar dapat lebih kompetitif di pasar global.

“Kami menyadari bahwa kami perlu bergerak ke arah digital untuk mencapai langkah berikutnya. Terlebih lagi dengan keberadaan platform, akan lebih mudah untuk menghubungkan tidak hanya penjual dengan pembeli, tetapi juga melibatkan banyak pemangku kepentingan lainnya,” ungkap Riyani kepada media, Sabtu (1/6/2024).

LPEI juga mengadakan Forum #BeraniMendunia untuk mendorong perekonomian Indonesia dengan memanfaatkan ekosistem bisnis dan platform digital. Mereka juga berupaya untuk membangun ekosistem ekspor yang memberikan nilai tambah dan manfaat bisnis. Salah satunya adalah menjawab kebutuhan akan mitra yang handal, cara yang tepat untuk memanfaatkan platform digital, dan dapat menjangkau pasar global tanpa batas dengan cepat dan akurat.

“Tentu saja salah satu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan devisa negara. Oleh karena itu, kami meningkatkan kapasitas, kurasi, inkubasi, dan dari semua itu, penjualan juga meningkat serta kontribusi devisa negara,” tegas Riyani.

Menurut Riyani, UKM juga memiliki tantangan tersendiri agar mereka bisa dipercaya, oleh karena itu tugas LPEI adalah untuk bekerjasama dengan semua pemangku kepentingan agar lebih efektif.

Diketahui bahwa LPEI akan meluncurkan platform Komodoin pada bulan Agustus mendatang, untuk mengajak dan mendorong para pemangku kepentingan (LPEI, UKM, dan mitra yang dibina) untuk berpartisipasi dalam membangun ekosistem ekspor Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Fraud di LPEI Diduga Seret 6 Perusahaan Lain, Nilainya Rp3 Triliun

(rah/rah)