Layanan Starlink Terancam, Bumi Dilanda Badai Matahari

by -25 Views
Layanan Starlink Terancam, Bumi Dilanda Badai Matahari

Jakarta, CNBC Indonesia – Starlink, satelit milik SpaceX yang dimiliki oleh Elon Musk, memperingatkan tentang risiko degradasi layanan karena Bumi dilanda badai geomagnetik terbesar akibat aktivitas matahari dalam dua dekade. Kabar mengenai dampak badai matahari ini dirilis oleh Starlink, Sabtu (11/5/2024).

Starlink memiliki sekitar 60% dari sekitar 7.500 satelit yang mengorbit Bumi dan merupakan pemain dominan dalam internet satelit.

Elon Musk sebelumnya telah mengatakan dalam sebuah posting di X bahwa satelit Starlink berada di bawah tekanan besar karena badai geomagnetik, tetapi sejauh ini mereka bertahan.

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS menyatakan bahwa badai ini adalah yang terbesar sejak Oktober 2003 dan kemungkinan akan terus berlanjut selama akhir pekan, menimbulkan risiko terhadap sistem navigasi, jaringan listrik, navigasi satelit, dan layanan lainnya.

Ribuan satelit Starlink di orbit rendah Bumi menggunakan tautan laser antar-satelit untuk meneruskan data satu sama lain di ruang angkasa dengan kecepatan cahaya, sehingga jaringan tersebut menawarkan jangkauan internet di seluruh dunia.