Iran Mengaku Melancarkan Serangan Balasan Mendalam, Namun Memberikan Peringatan kepada Israel

by -21 Views
Iran Mengaku Melancarkan Serangan Balasan Mendalam, Namun Memberikan Peringatan kepada Israel

Jakarta, CNBC Indonesia – Iran menekan Israel untuk tidak membalas serangan yang dilakukan oleh Teheran, kemarin. Iran menegaskan bahwa serangan dengan menggunakan drone hingga rudal itu dibenarkan sebagai tanggapan atas serangan Israel ke konsulat Iran di Damaskus, Suriah, beberapa waktu lalu.

“Masalah ini dapat dianggap selesai. Namun, jika rezim Israel melakukan kesalahan lagi, respons Iran akan jauh lebih parah,” tulis Misi Iran untuk PBB seperti dilansir AFP, Minggu (14/4/2024).

Presiden Iran Ebrahim Raisi telah memperingatkan Israel dan sekutunya setelah melancarkan serangan militer langsung ke wilayah Israel.

“Jika rezim Zionis (Israel) atau pendukungnya menunjukkan perilaku sembrono, mereka akan menerima respons yang lebih tegas dan lebih kuat,” katanya.

Garda Revolusi Iran kemarin mengklaim telah meluncurkan serangan drone hingga rudal ke situs militer Israel. Tentara Israel menyatakan berhasil menembak 99% drone dan rudal, dan menyatakan serangan Iran “digagalkan”.

Kepala Staf Militer Iran, Mohammad Bagheri, mengatakan serangan itu telah “mencapai semua tujuannya” dan “tidak ada niat untuk melanjutkan operasi ini”. Menurut Bagheri, pembalasan Iran ditujukan kepada “pusat intelijen” dan pangkalan udara di mana jet F-35 Israel lepas landas untuk menyerang konsulat Iran di Damaskus pada 1 April 2024.

“Kedua pusat tersebut mengalami kerusakan yang signifikan,” katanya, meskipun Israel menyatakan serangan itu hanya menyebabkan kerusakan kecil.