Zelensky Mengutuk Serangan Iran kepada Israel, Menyinggung Penggunaan Drone oleh Rusia

by -34 Views
Zelensky Mengutuk Serangan Iran kepada Israel, Menyinggung Penggunaan Drone oleh Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengutuk serangan Iran terhadap Israel. Ia lantas mendesak adanya tanggapan global untuk merespons serangan teror Rusia dan Iran.

“Tindakan Iran mengancam seluruh kawasan dan dunia, sama seperti tindakan Rusia yang mengancam konflik yang lebih besar,” ujar Zelensky seperti dikutip X.

“Kolaborasi nyata antara kedua rezim dalam menyebarkan teror harus mendapat tanggapan yang tegas dan bersatu dari dunia,” lanjutnya sebagaimana dilaporkan AFP, Minggu (14/4/2024).

Zelensky mengatakan, Ukraina mengutuk serangan Iran terhadap Israel menggunakan drone dan rudal Shahed. Rusia telah menggunakan drone Iran dalam perang melawan Ukraina.

“Kami di Ukraina tahu betul kengerian serangan serupa yang dilakukan Rusia, yang menggunakan drone Shahed dan rudal Rusia yang sama, taktik serangan udara massal yang sama,” katanya.

Lebih lanjut, Zelensky mengatakan, hanya “bantuan nyata” yang dapat menghentikan rudal dan drone. Ia pun menambahkan permohonan agar bantuan perang AS untuk Ukraina telah lama diblokir oleh Kongres AS.

“Sangat penting bagi Kongres AS untuk mengambil keputusan yang diperlukan untuk memperkuat sekutu Amerika pada saat kritis ini.”