Pengamat Politik Amini Jokowi, Bintang 4 untuk Prabowo Tak Politis Diberi Usai Pemilu

by -86 Views
Pengamat Politik Amini Jokowi, Bintang 4 untuk Prabowo Tak Politis Diberi Usai Pemilu

Jakarta – Pengamat Politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa pemberian gelar jenderal bintang empat yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Prabowo Subianto tidak bersifat politis.
Menurutnya, Prabowo layak mendapatkan penghargaan tersebut karena telah berkontribusi banyak bagi bangsa dan negara Indonesia. Apalagi Prabowo seharusnya sudah menerima penghargaan tersebut sejak tahun 2022.
Pada tahun 2022, Prabowo telah menerima empat tanda kehormatan militer utama, yaitu Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.
“Jadi, pemberian gelar bintang empat kepada Prabowo bukanlah hal politis, itu sudah pantas dan seharusnya diberikan kepada Pak Prabowo,” kata Ujang.
Seperti diketahui, Jokowi secara langsung memberikan kenaikan pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo saat Rapim TNI & Polri yang diselenggarakan di Mabes TNI Cilangkap, Rabu (28/2).
Ujang juga menyinggung mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang pernah mendapatkan penghargaan yang sama di masa kepresidenan Megawati Soekarnoputri, begitu pula dengan Luhut Binsar Pandjaitan pada masa pemerintahan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid.
“Perhatikanlah, Pak SBY juga pernah mendapatkan jika tidak salah Pak Luhut juga pernah mendapatkan. Banyak jenderal bintang tiga yang kemudian mendapatkan bintang empat sebagai penghargaan dari pemerintah, sebuah penghormatan bagi yang bersangkutan,” kata Ujang.
Ujang menegaskan bahwa pemberian kenaikan pangkat dan tanda kehormatan itu semata-mata karena kerja keras Prabowo untuk bangsa Indonesia dan tidak terkait dengan politik.
“Jelas bahwa pemberian gelar bintang empat kepada Prabowo bukanlah hal politis, jadi jangan dikaitkan dengan politik. Penghargaan kepada Prabowo diberikan setelah Pemilu karena Prabowo telah berjasa banyak bagi bangsa dan negara,” tutupnya. (SENOPATI)

Source link