Good Neighbor Policy, Prabowo Ingin Indonesia Bersahabat dengan Semua Negara

by -13 Views
Good Neighbor Policy, Prabowo Ingin Indonesia Bersahabat dengan Semua Negara

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menginginkan Indonesia menjadi negara yang dapat bersahabat baik dengan semua pihak atau blok gerakan. “Kita ingin menjadi tetangga yang baik, politik kita adalah tidak ingin memiliki musuh, politik kita adalah non-blok. Hal itu harus kita pertahankan dan lanjutkan,” kata Prabowo dalam pidatonya di acara Trimegah Politic and Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu (31/1).

Dia menginginkan Indonesia tetap bisa bertahan dan berjalan di tengah konflik antar negara dan tetap menjaga hubungan baik dengan mereka. “Kita teruskan Indonesia bernavigasi di antara rintangan, di antara konflik-konflik Indonesia bersahabat dengan Cina, Amerika, Malaysia, bersahabat dengan semua negara,” paparnya.

Prabowo optimis Indonesia mampu muncul sebagai pihak yang dapat diterima oleh setiap negara atau blok. Dia mencatat salah satu sikap atau pendekatan Indonesia yang menganut politik bebas aktif, yaitu Indonesia sebagai salah satu negara mayoritas Muslim yang menjadi pasukan PBB di Lebanon. “Beberapa belas tahun yang lalu, Lebanon biasanya menolak pasukan PBB dari negara Muslim. Mereka tak pernah menerima Malaysia, Nepal (yang juga mayoritas Muslim) sering tak bisa berperilaku adil dalam posisi politik luar negeri,” ungkap Prabowo.

“Saya optimis bahwa di masa depan, kita akan melihat Indonesia menjadi faktor perdamaian,” tambahnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *