Pertarungan Anies, Ganjar, dan Prabowo

by -43 Views
Pertarungan Anies, Ganjar, dan Prabowo

CNBC Indonesia – Hasil survei terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 terus dirilis oleh berbagai lembaga survei. Berikut adalah hasil survei 9 lembaga yang dirangkum CNBC Indonesia dari awal Desember hingga Rabu (27/12/2023).

a. Lembaga survei Polling Institute
Lembaga survei Polling Institute merilis survei tingkat elektabilitas masing-masing paslon peserta pilpres Rabu (27/12/2023). Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan suara mencapai 46,1%. Survei digelar selama 15-19 Desember 2023. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Survei melibatkan sampel sebanyak 1.230 responden. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

b. Centre for Strategic and International Studies (CSIS)
Hasil survei elektabilitas capres dan cawapres pascadebat capres perdana menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7% dari jumlah sample sebesar 1.300 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia.

c. Indikator Politik Indonesia
Pada Selasa (26/12/2023), Indikator Politik Indonesia merilis hasil simulasi terkait elektabilitas tiga pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024. Hasil survei menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dibanding pasangan lain.

d. Indikator Publik Nasional
Indikator Publik Nasional merilis hasil survei elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres 2024. Hasilnya, Prabowo-Gibran unggul jauh atas dua paslon lainnya dengan elektabilitas mencapai 50,2%.

e. Litbang Kompas
Survei Litbang Kompas mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39,3%. Pasangan itu menempati urutan pertama di survei.

f. Arus Survei Indonesia (ASI)
Hasil survei ASI menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan elektabilitas 34,2% di Pulau Jawa.

g. Populi Center
Survei Populi Center menunjukkan Prabowo-Gibran unggul di atas dua paslon lainnya dengan elektabilitas tertinggi 46,7%.

Melalui hasil survei tersebut, terlihat bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendapat elektabilitas tertinggi di beberapa lembaga survei. Meskipun demikian, masih akan ada perubahan elektabilitas sesuai perkembangan politik.