PDIP Mengatakan Megawati dan Prabowo Telah Berkomunikasi secara Batin

by -38 Views
PDIP Mengatakan Megawati dan Prabowo Telah Berkomunikasi secara Batin

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memang belum bertemu secara fisik dengan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto. Namun, menurut Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, keduanya sudah ‘kontak batin’.

Basarah mengatakan bahwa hubungan antara Megawati dan Prabowo dalam segi personal baik-baik saja, sehingga tidak perlu adanya rekonsiliasi. Pertemuan langsung antara keduanya masih menunggu hasil sidang sengketa hasil Pilpres yang diproses oleh Mahkamah Konstitusi.

Menurut Basarah, silaturahmi yang bersifat kenegaraan antara Megawati dan Prabowo akan dilakukan setelah sidang sengketa hasil Pilpres selesai di MK. Meskipun secara fisik mereka belum bertemu, tetapi secara batin mereka sudah saling kontak.

Basarah juga menegaskan bahwa jika keduanya bertemu, itu bukan untuk mencapai kesepakatan politik. Menurutnya, dalam doktrin PDIP tidak ada istilah posisi politik dalam sistem presidensial. Pancasila sebagai falsafah negara mengajarkan gotong-royong, sehingga baik di luar maupun di dalam pemerintahan, kita dapat bergotong-royong membangun negara ini.

MK telah menggelar beberapa sidang PHPU dan mendengarkan keterangan dari berbagai pihak terkait. Sidang tersebut merupakan proses yang harus dilewati sebelum pertemuan antara Megawati dan Prabowo dapat terlaksana.