BMKG Menyatakan Bahaya Debu Vulkanik dari 5 Gunung Berapi Ini

by -138 Views

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi hingga 6 meter di sejumlah perairan Indonesia. Selain itu, untuk satu pekan ke depan, BMKG juga memperingatkan adanya potensi hujan sedang-lebat yang mengancam wilayah-wilayah di Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, hal ini berdasarkan analisis terkini. Hujan intensitas lebat dan suhu panas terik masih memiliki peluang terjadi di beberapa wilayah Indonesia selama periode Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Kondisi ini dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer, seperti sirkulasi angin di Laut Cina Selatan yang menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia. Sehingga, potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatra dan Kalimantan Barat.

Tidak hanya itu, BMKG juga memperingatkan adanya debu vulkanik. Kondisi ini diprediksi terjadi di beberapa gunung berapi di Indonesia, antara lain Gunung Marapi, Gunung Semeru, Gunung Dukono, Gunung Ibu, dan Gunung Lewotobi.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Akses informasi cuaca dan peringatan dini cuaca lebih lengkap dapat diakses di aplikasi @InfoBMKG dan situs web https://bmkg.go.id.