Anies, Prabowo, dan Ganjar Salipan dalam Pertarungan Politik

by -154 Views

Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) telah merilis hasil survei tentang pemilih muda dalam pemilihan presiden 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berhasil unggul tipis atas pasangan Ganjar-Mahfud MD.

Menurut Radius Setiyawan, peneliti utama PUSAD UMSurabaya, “Prabowo-Gibran unggul versi pemilih muda disusul pasangan Ganjar-Mahfud dengan selisih yang tidak signifikan (4%) dan ada 10% pemilih muda di Jawa Timur belum menentukan pilihan soal Pilpres 2024.”

Survei ini dilakukan dengan mempelajari populasi pemilih berusia 17 tahun hingga 40 tahun di Jawa Timur. Sampel survei diambil dengan menggunakan teknik Multistage Random Sampling di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.075 responden yang tersebar secara proporsional di 38 Kabupaten/Kota. Adapun margin tingkat toleransi (standar error/d) adalah 3%, dan tingkat kesalahan (α) adalah 5%. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator.

PUSAD UMSurabaya berharap hasil survei ini dapat menjadi tolok ukur untuk memantau jalannya demokrasi yang transparan dan jujur di Indonesia. Survei ini dilaksanakan pada periode 14-22 Oktober 2023, dan hasilnya diumumkan secara terbuka di UMSurabaya.

Sumber: CNBC Indonesia