Luhut Angkat Bicara Terkait Isu Mundurnya dari Pemerintahan Jokowi

by -207 Views

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan membantah isu mengenai dirinya yang akan mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melalui akun Instagramnya pada Sabtu (28/10/2023), Luhut yang saat itu berada di Singapura untuk menjalani perawatan menyatakan bahwa ia tetap setia kepada Presiden Jokowi. Ia mengatakan bahwa ia akan tetap bersama Jokowi sampai saat-saat terakhir yang tidak membutuhkan dirinya.

Luhut juga menyebutkan bahwa Jokowi adalah seorang komandan yang perlu didukung dengan segala cara asalkan ia masih memiliki karakter dengan republik ini. Meski Luhut merindukan untuk kembali bekerja sebagai menteri, ia mengatakan bahwa pekerjaannya telah diurus dengan baik oleh para menteri lainnya selama dirinya berada di Singapura, seperti proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Ia menambahkan bahwa ini adalah kerja sama tim di bawah kepemimpinan Jokowi dan dirinya hanya bertindak sebagai eksekutor, sehingga janganlah memandangnya sebagai segalanya.

Lebih lanjut, Luhut juga membuka suara mengenai hal-hal yang perlu dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya pada tahun politik mendatang. Menurutnya, program hilirisasi masih perlu ditingkatkan, namun tidak harus dimulai dari awal. Luhut mengatakan bahwa sudah banyak bidang hilirisasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah, seperti rumput laut dan bukan hanya nikel saja, yang sudah berjalan dengan baik, seperti di Buleleng.

Artikel Selanjutnya: Bangganya Luhut! 2 Tahun RI Surplus Dagang dari China