Segera Bentuk Task Force Family Office, Luhut Akan Dorong Implementasi Lebih Lanjut

by -25 Views
Segera Bentuk Task Force Family Office, Luhut Akan Dorong Implementasi Lebih Lanjut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah diberikan mandat untuk membentuk task force family office. Dia mengatakan bahwa task force ini akan bertugas untuk menyiapkan pembentukan family office di Indonesia.

“Tadi Presiden sudah memberikan arahan saya diminta menyiapkan task force ini,” kata Luhut dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, dikutip Selasa, (2/7/2024).

Luhut menjelaskan bahwa task force ini akan terdiri dari lintas kementerian lembaga. Dia juga menyebut akan melibatkan World Bank dalam kerja sama ini. Target Luhut adalah agar dalam satu bulan, task force ini dapat melaporkan perkembangan terkait rencana pembentukan family office kepada presiden.

“Pembentukan family office memang membutuhkan banyak persiapan. Harmonisasi regulasi diperlukan untuk memastikan perusahaan yang mengelola harta keluarga kaya tersebut berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah menggelar rapat pada Senin, (1/7/2024) untuk membahas pembentukan Family Office. Family Office sendiri adalah perusahaan swasta yang mengelola harta keluarga-keluarga kaya.

Luhut menjelaskan bahwa populasi individu super kaya di Asia diprediksi akan tumbuh sebesar 38,3% selama periode 2023-2028. Dia juga menyebut bahwa jumlah aset finansial yang diinvestasikan di luar negara asal akan terus meningkat.

“Dengan adanya family office, Indonesia memiliki kesempatan untuk menarik dana-dana dari family office global,” kata Luhut.

Diperkirakan ada sekitar US$ 11,7 triliun dana kelolaan family office di dunia. Dengan adanya family office di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan peredaran modal di dalam negeri dan menghadirkan potensi peningkatan PDB dan lapangan kerja dari investasi dan konsumsi lokal.

Luhut juga menekankan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi alternatif bagi family office global dengan kondisi ekonomi kuat, politik stabil, dan orientasi geopolitik yang netral.

Family office adalah firma penasihat manajemen kekayaan swasta yang melayani individu dengan kekayaan bersih sangat tinggi. Satu family office mengelola kekayaan satu individu atau keluarga.