Xi Jinping Mengambil Langkah Penting dalam Babak Baru ‘Perang’ Antara China dan Eropa

by -22 Views

Menteri Perdagangan China, Wang Wentao, akan melakukan pembicaraan dengan komisaris perdagangan Uni Eropa, Valdis Dombrovskis. Perjalanan ini merupakan upaya terakhir Beijing untuk menghentikan tarif pada mobil listrik China.

Juru bicara Komisi Eropa, Olof Gill, mengatakan keduanya akan membahas masalah ini di Brussels, Belgia pada 19 September mendatang. Meskipun kedua belah pihak telah menekankan bahwa mereka ingin menyelesaikan masalah ini melalui dialog, Gill mengatakan tawaran yang telah dibuat untuk mengatasi kekhawatiran blok tersebut tidak cukup.

Beberapa eksportir China telah mengajukan penawaran untuk usaha harga, yang merupakan komitmen oleh eksportir untuk menghormati harga impor minimum demi mengimbangi subsidi yang merugikan. Setelah melihat penawaran tersebut, Komisi Eropa menyimpulkan bahwa tidak ada tawaran yang memenuhi persyaratan tersebut.

Komisi Eropa telah memutuskan untuk memberlakukan bea masuk hingga 36% pada kendaraan listrik yang diimpor dari China. Tarif ini akan berlangsung selama lima tahun setelah pemungutan suara oleh 27 negara anggota UE.

Uni Eropa memutuskan untuk memungut tarif tambahan setelah menyimpulkan bahwa produsen mobil di China mendapat manfaat tidak adil dari subsidi negara. China telah mengajukan banding terhadap keputusan ini kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan juga menargetkan impor susu blok dengan penyelidikan anti-subsidi.

Selain itu, China juga telah meluncurkan penyelidikan anti-dumping pada impor daging babi dari Uni Eropa, dengan Spanyol menjadi eksportir terbesar produk daging babi UE ke China.