Pabrik Ini Bersedia Memasok Susu Ikan untuk Program MBG Prabowo

by -11 Views

Indramayu, CNBC Indonesia – Dalam rangka mendukung program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang diusung Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah mendorong susu ikan menjadi sumber alternatif pengganti susu sapi.

Saat ini, KKP tengah membangun pabrik hidrolisat protein ikan (HPI) di Pekalongan, Jawa Tengah yang ditargetkan akan rampung November 2024 mendatang.

Meski ditargetkan rampung November 2024, Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen PDSPKP KKP Widya Rustyanto menyebut pabrik percontohan HPI milik KKP tersebut belum bisa langsung memasok kebutuhan bubuk HPI dan/atau susu ikan untuk program MBG Prabowo di tahun 2025. Katanya, jika nanti susu ikan jadi dimasukan ke dalam daftar menu MBG, suplainya bisa dari pabrik HPI dan susu ikan milik PT Berikan.

“Untuk pabrik HPI saat ini memang di Indramayu ini milik PT Berikan. Tetapi KKP dalam waktu dekat ini akan membangun unit HPI di Pekalongan, Insyaallah mudah-mudahan di bulan November akhir sudah bisa trial dan bisa membuat produk HPI,” kata Widya saat ditemui di Indramayu, Rabu (18/9/2024).

Adapun alasan pabrik HPI di Pekalongan belum bisa langsung memasok untuk kebutuhan MBG, lanjutnya, karena pabrik tersebut masih membutuhkan waktu satu tahun untuk masa uji coba. Karenanya, belum bisa masuk dalam program MBG dalam waktu dekat.

“Kalau dalam waktu dekat (suplainya) dari sini (Indramayu) dulu, Pekalongan belum bisa, harus trial dulu. Butuh waktu satu tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Widya menyebut dalam waktu dekat pihaknya belum ada rencana untuk produksi besar-besaran. Namun, kata dia, KKP akan tetap terus memberi usulan kepada Badan Pangan Nasional dan Badan Gizi terkait berbagai olahan ikan yang bisa dibuat dari HPI.

“Kalau sekarang belum rencana produksi, tapi ketersediaannya dulu. Kemudian kita tawarkan kepada Bapanas ini loh ikannya, produknya ini, harganya ini. Nanti dari Bapanas dan Badan Gizi yang akan milih,” ucap dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Founder PT Berikan Protein Yogie Arry mengatakan, pihaknya saat ini sedang dalam posisi menunggu keputusan pemerintah terkait penggunaan susu ikan dalam program MBG.

“Kalau hubungannya dengan pemerintah, yang jelas kita sudah sounding (menyampaikan) tentang konsep otonomi protein ini. Nah sekarang posisinya saya menunggu ini, saya dibantu oleh kementerian, ada KKP Itu untuk menjembatani lah ya, untuk kemungkinan jadi program MBG,” pungkasnya.

(wur)

Link: [Video: Susu Ikan di Program Makan Siang Bergizi, Apa Manfaatnya](https://cnbcindonesia.com/news/20240918091848-8-572603/video-susu-ikan-di-program-makan-siang-bergizi-apa-manfaatnya)