Taiwan Berada dalam Kondisi Siaga Menyikapi Potensi Perang di Asia

by -83 Views
Taiwan Berada dalam Kondisi Siaga Menyikapi Potensi Perang di Asia

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pasukan pertahanan udara mereka berada dalam keadaan siaga penuh. Mereka waspada karena China dilaporkan melakukan uji coba di wilayah paling utara China di Mongolia Dalam.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan mereka telah mendeteksi “beberapa gelombang peluncuran uji coba” oleh Pasukan Roket China di Mongolia Dalam, yang berjarak sekitar 2.000 km dari Taiwan.

“Pasukan Taiwan terus memantau perkembangan dan pasukan pertahanan udara bersiaga,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan tanpa memberikan rincian.

Taiwan diketahui memiliki stasiun radar yang kuat di beberapa puncak pegunungan tengahnya yang dapat melihat ke China. Sementara itu, pihak China belum memberikan tanggapan terkait kegiatan tersebut.

Taiwan yang diperintah secara demokratis, namun diakui sebagai wilayah oleh China, selalu waspada terhadap aktivitas militer China di sekitarnya. China pernah menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan Nancy Pelosi ke Taipei.

China juga tidak menyukai Presiden Taiwan Lai Ching-te dan telah meningkatkan tekanan militer sejak ia menjabat. Lai telah menawarkan pembicaraan dengan China namun ditolak, dengan menegaskan bahwa hanya rakyat Taiwan yang dapat menentukan masa depan mereka.