Pertandingan antara Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution

by -56 Views
Pertandingan antara Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Utara 2024 kemungkinan akan diikuti oleh dua kandidat gubernur, yaitu petahana Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Hingga saat ini, belum ada partai yang secara resmi mendukung Edy. Namun, beberapa partai telah secara resmi menyatakan dukungannya kepada Bobby. Lima partai yang telah resmi mendukung Bobby adalah Partai Golongan Karya, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Nasional Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Dengan dukungan dari partai-partai tersebut, Bobby telah mengantongi 56 kursi dari 100 kursi di DPRD Sumut.

Diperkirakan dua partai lainnya, yaitu Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, akan mendukung Bobby. Sementara itu, masih ada empat partai lain yang berpotensi mendukung Edy, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, PKS, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Persatuan Indonesia.

Analis sosio-politik dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Musfi Romdoni, mengatakan bahwa peluang Edy untuk maju masih terbuka lebar, terutama jika PDIP ingin menjadikan dirinya sebagai alternatif terhadap Bobby.

Untuk Pilgub Sumut 2024, diperlukan 20 kursi DPRD untuk mengusung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. PDIP, yang memiliki 21 kursi, sudah cukup untuk mengusung Edy.

Meskipun Demokrat dan PPP disebut akan mendukung Bobby, masih ada lima partai lain yang potensial untuk mengusung Edy. Dalam dua bulan ke depan, dukungan terhadap Edy masih bisa mengalir.

Sementara itu, kemungkinan besar tiga poros pasangan calon akan bertarung dalam Pilgub Sumut 2024, yaitu Bobby versus Edy. Poros ketiga cenderung akan memecah suara Edy dan memberikan keuntungan bagi Bobby.

Untuk meningkatkan peluang kemenangan, Edy diyakini akan berusaha untuk merangkul partai di kubu yang mendukungnya. Edy lebih diuntungkan jika pertarungan hanya melibatkan dua poros calon.

Sumber: [CNBC Indonesia](https://cnbcindonesia.com/news/20240709185437-8-553162/video-tol-cimanggis-cibitung-beroprasi-warga-depok-bekasi-happy)

(miq/miq)