Masjid Istiqlal Menerima 62 Hewan Kurban pada Iduladha 2024

by -47 Views
Masjid Istiqlal Menerima 62 Hewan Kurban pada Iduladha 2024

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazaruddin Umar, mengatakan bahwa saat ini sudah ada 50 sapi dan 12 kambing yang siap untuk dikurbankan di Masjid Istiqlal Jakarta. Hewan kurban ini merupakan sumbangan dari beberapa tokoh politik, seperti Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Calon Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri, serta beberapa komunitas nonmuslim.

Presiden Jokowi menyumbangkan sapi seberat 1,3 ton dan Wakil Presiden Ma’ruf menyumbangkan sapi seberat 1,2 ton. Pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal direncanakan akan dilakukan pada Selasa, 18 Juni 2024 pukul 07.00 WIB. Masjid masih menunggu kedatangan sumbangan hewan kurban lainnya.

Sejak 4 tahun lalu, Masjid Istiqlal tidak lagi membagikan daging kurban secara langsung. Imam Besar Nazaruddin menjelaskan bahwa Masjid Istiqlal telah melakukan kajian komprehensif selama beberapa tahun terkait jemaah yang membutuhkan daging kurban. Jemaah yang termasuk dalam kategori ini adalah yang aktif dan berkontribusi di Masjid Istiqlal, pondok pesantren, dan panti asuhan.