Perang Dunia III Mendekati, Pihak yang Siap untuk Bertarung

by -147 Views
Perang Dunia III Mendekati, Pihak yang Siap untuk Bertarung

Jakarta, CNBC Indonesia – Prediksi tentang terjadinya Perang Dunia 3 semakin banyak muncul. Salah satu sejarawan terkemuka bernama Timothy Snyder juga ikut menyatakan prediksinya, di mana ia menyebut bahwa perang tersebut akan segera terjadi.

Snyder, seorang profesor sejarah dari Universitas Yale yang berspesialisasi dalam Eropa Timur dan Uni Soviet, mengatakan bahwa warga Ukraina yang sedang berperang melawan Rusia sedang menangkis ancaman Perang Dunia 3.

Ia menyamakan tahun ketiga perang skala penuh di Ukraina dengan periode menjelang Perang Dunia 2. Dalam perbandingan antara tahun 2024 dengan tahun 1938, Snyder menyatakan bahwa Ukraina sebanding dengan Cekoslowakia yang pada saat itu “memilih untuk berperang”.

Pada tahun 1939, pasukan Nazi Jerman di bawah pimpinan Adolf Hitler memasuki Cekoslowakia dan mengamankan aset Ceko untuk kepentingan angkatan bersenjata Jerman. Meskipun Inggris Raya dan Prancis menawarkan jaminan keamanan kepada Polandia, pasukan Hitler tetap menginvasi Polandia pada bulan September 1939. Hal ini kemudian menyebabkan London dan Paris menyatakan perang terhadap Jerman, yang memulai Perang Dunia 2.

“Jika Ukraina menyerah, atau jika kita menyerahkannya, maka ini akan menjadi perang Rusia yang berbeda di masa depan,” ujar Snyder dalam sebuah konferensi di ibu kota Estonia, Tallinn, seperti dilansir oleh Newsweek.

Konflik besar-besaran yang telah terjadi di Ukraina selama lebih dari dua tahun telah menimbulkan kemungkinan terjadinya Perang Dunia 3. Namun, negara-negara NATO telah dengan jelas menyatakan bahwa mereka bukan pihak yang terlibat dalam perang di Ukraina dan ingin mengurangi kemungkinan kekerasan merembes ke luar perbatasan negara tersebut.

Pemerintah Ukraina telah memperingatkan bahwa jika negara tersebut jatuh ke tangan pasukan Rusia, maka negara-negara lain di Eropa akan menjadi sasaran berikutnya dalam daftar target Rusia.

Pada awal tahun ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa “segalanya mungkin terjadi” ketika membahas kemungkinan terjadinya perang yang lebih luas antara Rusia dan negara-negara Barat yang mendukung Ukraina.

“Dunia sedang melangkah menuju Perang Dunia 3 skala penuh,” ujar Putin pada pertengahan bulan Maret.

Sebelumnya, pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko – salah satu sekutu yang paling setia kepada Putin – juga telah memperingatkan bahwa dunia “kembali berada di ambang jurang kehancuran”.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
14 Negara Bisa Hancur Jika Perang Dunia 3 Pecah, Apakah Indonesia Termasuk?

(luc/luc)