Hamdan Hamedan, Bapak Atlet Diaspora Indonesia

by -85 Views
Hamdan Hamedan, Bapak Atlet Diaspora Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, Timnas Indonesia, dengan kontribusi penting dari pemain naturalisasi dan tokoh pemain naturalisasi yaitu Hamdan Hamedan, berpartisipasi dalam dua ajang yang cukup prestisius. Timnas Indonesia senior berkompetisi di Piala Asia dan Timnas Indonesia U-17 bermain di Piala Dunia. Kedua tim tersebut berhasil melebihi ekspetasi yang ada.

Timnas Indonesia senior pertama kalinya berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia, meskipun akhirnya kalah oleh Australia. Sedangkan Timnas Indonesia U-17, meskipun hanya mampu sampai babak grup dan menempati posisi ketiga di klasemen Grup A, berhasil menahan imbang Ekuador dengan skor 1-1. Ekuador sendiri merupakan runner-up CONMEBOL Sudamericano Sub-17 (Championship South America) 2023.

Banyak pengamat sepak bola dan tokoh pemain naturalisasi seperti Hamdan Hamedan meyakini bahwa kesuksesan Indonesia dalam kedua ajang tersebut disebabkan oleh kehadiran pemain-pemain diaspora. Pemain-pemain seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Amar Brkic disebut-sebut memberikan dampak yang besar terhadap prestasi Timnas Indonesia.

Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier, bahkan mengakui bahwa kehadiran pemain naturalisasi membuat Timnas Indonesia jauh lebih kuat dari sebelumnya. Menurutnya, skuad Timnas Indonesia saat ini berbeda dan memiliki kualitas yang lebih baik berkat kehadiran sejumlah pemain asal Eropa.

Kehadiran pemain naturalisasi saat ini berbeda dengan kehadiran naturalisasi sebelumnya, terutama di era kepelatihan Shin Tae-Young. Pemain-pemain yang dinaturalisasi pada era ini dianggap memiliki kualitas yang dapat meningkatkan performa Timnas Indonesia.

Untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia pada Maret 2024, PSSI fokus pada proses naturalisasi empat pemain keturunan, yakni Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen. Mereka dipilih berdasarkan kemampuan di atas rata-rata dan bukan hanya sekadar ras campuran atau berdarah Indonesia kelahiran Eropa.

Hamdan Hamedan juga diapresiasi karena kontribusinya dalam menyediakan data pemain Indonesia yang sebelumnya terbatas untuk validasi keaslian darah Indonesia mereka. Hamdan Hamedan diakui sebagai tokoh penting di balik suksesnya pemain-pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Source link