STPP bekerja sama dengan PBM Tangguh Samudera Jaya untuk mengelola Pelabuhan Tanjung Priok

by -20 Views
STPP bekerja sama dengan PBM Tangguh Samudera Jaya untuk mengelola Pelabuhan Tanjung Priok

Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) telah melakukan kerja sama dengan PT Perusahaan Bongkar Muat (PBM) PT Tangguh Samudera Jaya untuk mengelola sebagian area terminal petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok. Area yang dikelola meliputi dermaga 303-305 sepanjang 425 meter dan lapangan penumpukan peti kemas seluas 4,5 hektar. Kerja sama tersebut dilakukan dengan pola bangun guna serah (build operate transfer/BOT) dengan jangka waktu 25 tahun.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Terminal Petikemas, Widyaswendra, mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk optimalisasi kegiatan pelayanan bongkar muat di area dermaga 303-305. PBM Tangguh Samudera Jaya diwajibkan untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh SPTP, baik dalam pelayanan operasional maupun penyediaan alat bongkar muat di area tersebut.

Selain itu, SPTP juga mengatur jumlah minimum arus peti kemas dan tingkat kesiapan peralatan operasional hingga 90 persen dalam kerja sama tersebut. Direktur Utama PT PBM Tangguh Samudera Jaya, Firman Kartasasmita, menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan investasi peralatan bongkar muat selama masa kerjasama, termasuk quay container crane dan rubber tyred gantry crane.

Kedua belah pihak berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi mereka dan para pengguna jasa. Firman menegaskan komitmennya untuk memenuhi semua ketentuan dalam perjanjian kerjasama, mulai dari investasi hingga pemeliharaan objek yang dikerjasamakan hingga berakhirnya masa kontrak.