Pertamina Group Meraih 8 Penghargaan dari KLHK sebagai Local Hero

by -125 Views
Pertamina Group Meraih 8 Penghargaan dari KLHK sebagai Local Hero

Jakarta, CNBC Indonesia – Grup Pertamina berhasil memenangkan 8 penghargaan dalam Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan diberikan kepada 8 Local Hero Pertamina dalam Local Hero Inspiration Award 2024, salah satu kategori dalam acara tersebut.

Local Hero Inspiration Award 2024 adalah apresiasi untuk kisah inspiratif dan inisiatif local hero serta kutipan terbaik dalam mengatasi isu global “triple planetary crisis” melalui aksi pemberdayaan masyarakat. Triple planetary crisis tersebut mencakup ancaman perubahan iklim, polusi, dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menegaskan bahwa penghargaan ini adalah bukti nyata komitmen Pertamina dalam menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Berbagai program inisiatif Local Hero Pertamina ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengatasi Triple Planetary Crisis dan pada akhirnya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024).

KLHK memberikan penghargaan kepada 8 local hero Pertamina dalam Lomba Cerita Naratif Inspiratif dan Kutipan. Lomba Cerita Naratif Inspiratif dimenangkan oleh Dominggus Absalom Kalami dari PT Pertamina EP Field Papua sebagai juara 1, dan Mohamad Jamaludin dari Refinery Unit IV Cilacap sebagai juara 2. Selain itu, terdapat juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

Dalam lomba kutipan terbaik, Pertamina berhasil meraih peringkat tertinggi, dengan Choliq Hidayah dari Badak NGL sebagai juara 1, Sarwana dari Refinery Unit V Balikpapan sebagai juara 2, dan Ali Kurniawan dari PHE OSES sebagai juara 3.

Absalom, sebagai juara I Lomba Cerita Naratif Inspiratif, menceritakan kolaborasinya dengan Pertamina dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Kampung Adat Malasigi. Upayanya berfokus pada menjaga tanah ulayat demi kelestarian hutan melalui pengembangan ekowisata dan pelestarian satwa endemik burung cenderawasih.

Di sisi lain, PT Kilang Pertamina Internasional juga mendapatkan penghargaan booth pameran terbaik, yang menampilkan beberapa program unggulan seperti Desa Energi Berdikari (DEB). DEB merupakan program yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) meliputi energi bersih, pekerjaan layak, pertumbuhan ekonomi, penanganan perubahan iklim, dan mendukung upaya pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission tahun 2060.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Rekor Baru, Pertamina Borong 34 PROPER Emas dari KLHK

(dpu/dpu)