Prabowo Subianto Terima Menlu Tiongkok, Diberi Selamat sebagai Presiden Terpilih dengan Suara Terbanyak Sepanjang Sejarah

by -17 Views
Prabowo Subianto Terima Menlu Tiongkok, Diberi Selamat sebagai Presiden Terpilih dengan Suara Terbanyak Sepanjang Sejarah

Jakarta – Menteri Pertahanan dan presiden terpilih, Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (18/4).

Wang Yi beserta rombongan tiba sekitar pukul 10.58 WIB. Kehadirannya disambut oleh Prabowo di depan Gedung Kemhan. Keduanya kemudian bersalaman dan masuk ke dalam ruangan.

“Saya sangat bersyukur menerima kedatangannya hari ini. Terima kasih atas sambutannya yang sangat baik, saya juga diterima dengan baik di Beijing beberapa minggu yang lalu,” ujar Prabowo.

Sebelum bertemu dengan Wang Yi di Jakarta, Prabowo telah bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping; Perdana Menteri Tiongkok, Li Qiang; dan Menteri Pertahanan Tiongkok, China Dong Jun dalam kunjungan kehormatan ke Beijing pada awal April 2024.

Pertemuan antara Prabowo dan Wang Yi berlangsung tertutup. Keduanya membahas beberapa kerja sama dalam bidang pertahanan yang meliputi pendidikan, latihan bersama, dan industri pertahanan.

Indonesia dan Tiongkok adalah mitra dekat yang memiliki banyak kerjasama bilateral. Khususnya dalam bidang pertahanan, keduanya telah menjalin kerja sama dalam hal pendidikan dan latihan sejak tahun 1970an.

Kerja sama dalam pendidikan masih berlanjut hingga saat ini. Beberapa personel pertahanan Indonesia sedang menempuh pendidikan di Tiongkok, sementara prajurit dari Tiongkok juga sedang mengikuti pendidikan militer di Indonesia.

Wang Yi mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Prabowo. Selain membahas hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, Wang Yi juga memberikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024.

“Saya ingin sekali lagi memberikan selamat kepada Yang Mulia atas terpilihnya sebagai presiden Republik Indonesia dengan suara terbanyak dalam sejarah pemilu Indonesia,” kata Wang Yi.

Menlu Tiongkok mengatakan bahwa meskipun membangun sebuah negara besar merupakan tugas yang berat, ia yakin bahwa Indonesia akan maju di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Saya yakin bahwa Yang Mulia akan menjalankan tugasnya dengan baik untuk memimpin Indonesia menuju perkembangan dan kebangkitan bangsa, serta membuka masa depan yang lebih gemilang di bawah kepemimpinan Yang Mulia,” ucap Wang Yi.

Source link