Global Strategic Challenges: Artificial Intelligence Disruption

by -63 Views
Global Strategic Challenges: Artificial Intelligence Disruption

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari buku “Transformasi Strategis Bangsa: Menuju Indonesia Emas 2045”, halaman 49, edisi softcover ke-4]

Saya ingat saat-saat di masa sekolah saya ketika komputer belum ada. Segala sesuatunya dilakukan secara manual. Semua tugas harus dilakukan dengan tangan, dan mencari informasi hanya mungkin dilakukan di perpustakaan di antara tumpukan buku.

Sekarang, komputer, internet, dan kecerdasan buatan (AI) menyederhanakan banyak aspek kehidupan kita. Meskipun kemajuan teknologi ini tanpa diragukan lagi telah meningkatkan rutinitas sehari-hari kita, mereka juga menimbulkan tantangan signifikan jika kita gagal mempersiapkan angkatan kerja Indonesia untuk menggunakan dan hidup berdampingan dengan AI.

Kemajuan cepat kecerdasan buatan telah mengubah kebutuhan bakat di hampir semua industri dan memerlukan peningkatan keterampilan kerja dengan cepat.

Jika kita tidak dapat beradaptasi, potensi peningkatan pengangguran akibat AI adalah besar. Tentu saja, kami tidak menginginkan hal ini terjadi di Indonesia.

Source link