Prabowo Di Puncak! Setelah Bertemu Xi Jinping dan Kishida, Kini Berjumpa dengan Anwar Ibrahim

by -112 Views
Prabowo Di Puncak! Setelah Bertemu Xi Jinping dan Kishida, Kini Berjumpa dengan Anwar Ibrahim

Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, melakukan kunjungan ke Malaysia setelah berkunjung ke China dan Jepang untuk bertemu dengan pemimpin kedua negara, yakni Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Fumio Kishida.

Prabowo mendarat di Pangkalan Udara Subang di Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Rabu malam. Ia didampingi oleh sejumlah pejabat Delegasi RI seperti Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, dan Kabaranahan Kemhan.

Pada Kamis, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Perdana Putra, kantor PM Malaysia. Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Malaysia setelah resmi diumumkan sebagai pemenang Pilpres Indonesia periode 2024-2029.

Kunjungan ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan hubungan pertahanan antara Indonesia dan Malaysia. Dalam laman resmi Kementerian Pertahanan, disebutkan bahwa pertemuan tersebut didasari oleh keinginan untuk memperkuat hubungan diplomatik dan optimisme bahwa kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin signifikan di masa mendatang.

Kunjungan ini menjadi bagian dari rangkaian pertama kunjungan Prabowo setelah terpilih sebagai presiden RI. Sebelumnya, ia telah bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo. Kedua pemimpin itu sepakat untuk mempererat dan mengembangkan hubungan dengan Indonesia di bawah kepemimpinan baru yang dipegang oleh Prabowo.