Temui PM Li Qiang, Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama RI-Tiongkok

by -24 Views
Temui PM Li Qiang, Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama RI-Tiongkok

Jakarta, Indonesia – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Tiongkok, Li Qiang di Beijing, Selasa (2/4). Kunjungan kehormatan itu dilakukan setelah Prabowo bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Senin (1/4).

“Xie-xie. Terima kasih banyak,” kata Prabowo saat menyambut hangat dari Li. Keduanya saling berjabat tangan.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo mengungkapkan apresiasinya atas kehormatan yang diberikan kepada delegasi Indonesia. Ia menyatakan bahwa kedatangannya ke negara Tirai Bambu tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara.

“Saya datang dengan niatan untuk menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara,” ujar Prabowo.

“Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah sesuatu yang kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami,” tambah Prabowo.

Selain itu, Li juga mengapresiasi kunjungan Prabowo. Ia menyatakan bahwa keputusan Prabowo, sebagai presiden terpilih periode 2024-2029, untuk mengunjungi China sebagai negara pertamanya menunjukkan kedekatan antara kedua negara.

“Keputusan Prabowo untuk mengunjungi China sebagai negara pertamanya setelah terpilih sekali lagi menunjukkan persahabatan yang mendalam antara China dan Indonesia,” kata Li.

Li juga menyatakan bahwa China siap bekerja sama dengan Indonesia dalam rangka mendorong kemajuan kedua negara dengan berbagai langkah konkret di ranah global maupun regional. Ia mengatakan bahwa China bersedia mencapai lebih banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh Indonesia dan China.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Li menekankan pentingnya sinergi antara Indonesia dan China dalam mempercepat pembangunan dan memperdalam kerja sama di bidang-bidang terkait seperti pertanian, kehutanan, perikanan, industri teknologi, dan lainnya.

Selain itu, Li juga menyebut bahwa China siap memperkuat hubungan multilateral dengan Indonesia, baik dalam lingkup Asia Timur maupun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Source link