Perlindungan Data di Era Digital Menjadi Prioritas Utama

by -98 Views
Perlindungan Data di Era Digital Menjadi Prioritas Utama

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Di zaman teknologi seperti sekarang, platform digital telah menjadi bagian tak terelakkan dari kehidupan sehari-hari. Meskipun memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, namun platform digital juga menimbulkan kekhawatiran, salah satunya terkait dengan perlindungan data.

Salah satu dosen dari Universitas Bakrie, Yudha Kurniawan, menyatakan bahwa isu perlindungan data dalam era digitalisasi ini sangat penting. Data pribadi harus dilindungi paling tidak karena dua hal. “Yakni, subjek data pribadi memiliki hak kendali atas data pribadinya dan menghindari penyalahgunaan data pribadi seseorang atau subjek data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujar Yudha, Kamis (21/3/2024).

Salah satu langkah penting, kata dia, adalah dengan menerapkan kebijakan privasi yang ketat. Kebijakan privasi harus jelas dan transparan, memberikan informasi kepada pengguna tentang bagaimana data mereka dikumpulkan, disimpan, dan digunakan. Pengguna harus diberikan pilihan untuk menyetujui atau menolak penggunaan data mereka, serta untuk mengakses dan menghapus data mereka jika diperlukan.

“Setiap perusahaan harus memiliki kebijakan privasi ini dalam operasionalnya. Tentu saja, hal ini memerlukan keterlibatan pemerintah untuk memastikan setiap perusahaan mematuhi regulasi sehingga perlindungan data pengguna dapat dijalankan dengan baik,” paparnya.

Menurut imperva.com, sebagian besar strategi perlindungan data memiliki tiga fokus utama. Yaitu keamanan data untuk melindungi data dari kerusakan yang disengaja atau tidak sengaja, ketersediaan data untuk memulihkan data dengan cepat dalam kejadian kerusakan atau kehilangan, dan kontrol akses untuk memastikan bahwa data hanya dapat diakses oleh mereka yang berwenang. Serta, tidak boleh ada yang lain yang tidak berwenang.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, perusahaan-perusahaan penyedia platform digital memiliki kewajiban untuk membuat kebijakan privasi dalam layanan mereka. Kebijakan privasi ini tidak hanya ditujukan bagi penyedia platform digital, seperti Amazon atau Tokopedia, tetapi juga ditujukan bagi perusahaan-perusahaan teknologi digital yang bergerak di bidang komunikasi terpadu seperti SURIA atau radika karya utama.

Perlindungan data menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi. Semakin banyak informasi yang disimpan dalam format digital, semakin besar risiko kebocoran data dan penyalahgunaan informasi pribadi. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam melindungi data pelanggan mereka.

Sumber: https://rejabar.republika.co.id/berita/saokm7512/perlindungan-data-di-era-digital-dinilai-sangat-penting

Source link