Honorer yang Gagal Masuk CASN 2024, Berkemungkinan Menjadi PPPK Paruh Waktu!

by -26 Views
Honorer yang Gagal Masuk CASN 2024, Berkemungkinan Menjadi PPPK Paruh Waktu!

Pemerintah tengah mengantisipasi adanya sejumlah tenaga honorer yang tak lolos dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Untuk itu, tenaga honorer yang tidak lolos CASN 2024 akan ditempatkan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) paruh waktu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan pemerintah memberikan alokasi besar dalam seleksi CASN 2024. Pada tahun ini, pemerintah membuka lowongan untuk 2,3 juta formasi, baik untuk PNS maupun PPPK.

Anas mengatakan bahwa lowongan CPNS dikhususkan bagi para lulusan baru. “Pada 2024, pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate melalui alokasi CPNS,” kata Anas dalam rapat dengan Komisi II DPR pada Rabu (13/3/2024).

Sementara itu, lowongan untuk PPPK dikhususkan bagi penyelesaian masalah tenaga honorer atau pegawai non-ASN. Pemerintah berencana menghapus keberadaan tenaga honorer dengan mengalihkan mereka menjadi PPPK. Proses alih status ini ditargetkan rampung pada Desember 2024.

Seleksi PPPK menjadi fokus utama pemerintah untuk melakukan penataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah. 100% formasi PPPK akan dibuka untuk pegawai non-ASN di instansi pemerintah. Pegawai non-ASN yang lulus seleksi akan diangkat menjadi PPPK penuh waktu, sementara pegawai honorer yang belum lulus CASN 2024 akan disiapkan menjadi PPPK paruh waktu.

PPPK paruh waktu dapat diangkat menjadi penuh waktu setelah melalui tahap evaluasi kinerja dan syarat administrasi. Ketentuan mengenai mekanisme seleksi dan pengangkatan akan diatur lebih lanjut dalam peraturan Menteri PANRB.