Rumor Calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2024: Kaesang, Erina, hingga RK

by -73 Views
Rumor Calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2024: Kaesang, Erina, hingga RK

Jakarta, CNBC Indonesia – Nama-nama selebriti mulai masuk ke dalam daftar calon kepala daerah, yang akan bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak pada November 2024. Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, bahkan telah menjadi sorotan publik setelah baliho dengan tulisan ‘OTW Jakarta Nih’ tersebar di beberapa wilayah. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily, mengonfirmasi bahwa Ridwan Kamil telah ditugaskan oleh partai untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat atau DKI Jakarta.

“Iya memang Pak Emil mendapat penugasan di dua provinsi, yaitu Jawa Barat dan DKI Jakarta,” ucap Ace seperti dilansir dari detikjabar, Senin (11/3/2024).

Sementara itu, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, ditunjuk oleh partai untuk maju dalam Pilkada Wali Kota Bandung bersama dengan Ketua Partai Golkar Bandung, Edwin Senjaya. Di DKI Jakarta, Ridwan Kamil akan bertarung dengan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Ia merupakan kandidat yang diusung oleh Partai Gerindra.

“Benar [potensial untuk diusung]. Saat ini yang saya lihat dari DPD [Gerindra], hanya Pak Ariza,” ucap Bendahara Partai Gerindra DPD Provinsi DKI Jakarta, Iman Satria seperti dilansir CNN Indonesia.

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, bahkan disebut akan maju lagi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, seperti yang diungkapkan oleh Bendahara Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Sahroni. Namun, Anies membantah dan menyatakan fokus pada hasil Pemilu Presiden 2024.

“Kita sekarang fokus pada penuntasan penghitungan. Kita akan fokus di situ. Jadi sekarang ini tidak perlu melihat ke kanan dan kiri, kita fokus pada menuntaskan perjuangan ini karena merupakan amanah jutaan orang,” ujar Anies.

Di Solo atau Surakarta, tempat kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi), nama yang muncul dalam calon Walikota Solo adalah Kaesang Pangarep, anak bungsunya. Ketua DPW PSI Jawa Tengah, Antonius Yogo Prabowo, mengatakan bahwa Kaesang didukung oleh Gerindra dan Golkar.

“Jika Mas Kaesang turun dalam Pilkada Solo, kami semakin yakin, peluangnya semakin besar, Gerindra dan Golkar juga sudah mendukung,” ujar Yugo.

Selain Kaesang, di Solo juga muncul nama Sekar Tanjung, putri dari politisi senior Akbar Tanjung; dan Rheo Yuliana Fernandes, putra Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, berdasarkan jajak pendapat Solo Raya Polling.

Sementara itu, istri Kaesang, Erina Gudono, masuk dalam daftar calon bupati Sleman. Nama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini masuk atas masukan internal dari partai Gerindra, baik dari pusat maupun daerah.

“Iya (nama Erina) masuk. Dari DPC kami melapor ke DPD. Nah, dari DPP juga sudah mendukung wacana tersebut, misalnya nama Erina Gudono dimasukkan dalam daftar tersebut,” kata Ketua DPC Gerindra Sleman, HR Sukaptana.