Debat Nadiem: Pilih Sehat atau Pintar Duluan?

by -33 Views
Debat Nadiem: Pilih Sehat atau Pintar Duluan?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa ada syarat yang harus dipenuhi oleh Indonesia agar dapat dikategorikan sebagai negara maju. Menurutnya, salah satu syarat tersebut adalah gaji warga Indonesia harus mencapai Rp 15 juta per bulan atau setara dengan Rp 180 juta per tahun (sekitar US$ 13.000/tahun).

“Budi menyampaikan hal tersebut saat acara peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital yang dihadiri oleh kepala daerah. Dia mengingatkan para kepala daerah bahwa tugas mereka ke depan tidak akan mudah,” ujar Budi, Senin (11/3/2024).

Budi juga menekankan bahwa kepala daerah memiliki tanggung jawab untuk memastikan penduduknya menerima gaji sebesar Rp 15 juta per bulan. Target ini diharapkan dapat tercapai dalam rentang waktu 6-11 tahun, yaitu pada tahun 2030 hingga 2035.

Menurut Budi, periode ini merupakan masa dimana Indonesia mengalami bonus demografi, dimana penduduknya didominasi oleh usia produktif 15-60 tahun. Jika masa ini terlewatkan, maka Indonesia berisiko tetap menjadi negara berpendapatan menengah.

Pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia saat ini masih sekitar Rp 5 juta per bulan, dengan mayoritas penduduknya masih berusia muda. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha ekstra untuk meningkatkan pendapatan mereka hingga tiga kali lipat, atau mencapai Rp 15 juta per bulan dalam rentang waktu 6-11 tahun.

Budi juga menjelaskan bahwa kunci untuk mencapai pendapatan yang tinggi tersebut adalah dengan menjaga kesehatan dan pendidikan. Namun, menurutnya, kesehatan merupakan prioritas utama, karena dengan tubuh yang sehat sejak kecil, maka akan memungkinkan seseorang menjadi pintar dan produktif saat dewasa.

“Dengan demikian, pesan saya kepada seluruh masyarakat adalah untuk menjaga kesehatan agar gaji mereka bisa mencapai Rp 15 juta per bulan, sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju pada tahun 2030. Hal ini akan memastikan anak cucu kita bisa menikmati kehidupan di negara maju,” tutur Budi.