Tesla Memberikan Diskon US$ 4.807 per Mobil untuk Bersaing dengan BYD di China

by -49 Views
Tesla Memberikan Diskon US$ 4.807 per Mobil untuk Bersaing dengan BYD di China

Jakarta, CNBC Indonesia – Tesla Inc, raksasa asal Amerika Serikat (AS), memberikan berbagai insentif baru untuk meningkatkan penjualan mobil listrik di Tiongkok. Langkah ini diambil karena persaingan harga yang semakin memanas dengan produsen mobil listrik, BYD.

Tesla memastikan bahwa pelanggan di Tiongkok yang membeli mobil listrik pada akhir Maret akan mendapatkan diskon hingga 34.600 yuan atau sekitar US$ 4.807,76 untuk Model 3 dan Model Y.

“Pelanggan yang membeli sedan Model 3 dan SUV Model Y di akhir Maret berhak mendapatkan insentif maksimal 34.600 yuan,” kata Tesla seperti dilansir dari CNBC International, Minggu (3/3/2024).

Insentif tersebut meliputi diskon 8.000 yuan untuk asuransi mobil yang bermitra dengan Tesla, diskon 10.000 yuan untuk penggantian cat, dan rencana pembiayaan preferensial yang bisa menghemat hingga 16.600 yuan untuk pembelian Model Y.

Sebelumnya, Tesla telah menurunkan harga mobil listrik untuk meningkatkan penjualannya di Tiongkok. Perusahaan ini telah memangkas harga beberapa mobil seperti Model 3 dan Y pada Januari, serta menawarkan diskon tunai untuk beberapa Model Y mulai 1 Februari.

Di sisi lain, BYD, pesaing terbesar Tesla, juga menurunkan harga untuk versi baru SUV hybrid Song Pro sebesar 15,4% pada hari Jumat. BYD, yang mengambil alih posisi Tesla sebagai produsen kendaraan listrik terbesar di dunia pada kuartal keempat, merespons dengan memberikan diskon lebih besar pada beberapa versi mobil baru pada bulan Februari.

Selain itu, Geely, saingan domestik terbesar BYD, juga menurunkan harga untuk model terlaris Galaxy L6 dan L7 masing-masing sebesar 15% dan 9% pada hari Jumat.

Dengan adanya penurunan harga dan insentif yang ditawarkan oleh produsen mobil listrik, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat Tiongkok untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.