Saham Tambang Vale Akan Resmi Dikuasai Indonesia Sore Ini!

by -35 Views
Saham Tambang Vale Akan Resmi Dikuasai Indonesia Sore Ini!

Pemerintah Indonesia melalui Holding Industri Pertambangan MIND ID dijadwalkan akan melakukan penandatanganan transaksi pengambil alihan divestasi 14% saham milik PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Penandatanganan tersebut dijadwalkan berlangsung pada pukul 16.00 WIB di Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir telah mengumumkan bahwa penandatanganan divestasi ini akan dilakukan pada Senin (26/2/2024) pukul 16.00 WIB. Penandatanganan akan disaksikan oleh Menteri ESDM, Menteri Investasi, Menko Marves, dan Menteri Erick Thohir.

Menteri Erick belum memberikan informasi mengenai harga divestasi 14% saham kepada MIND ID. Namun, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut bahwa nilai akuisisi saham tersebut di bawah harga saham Vale saat ini, sekitar Rp 3.000 per lembar saham.

Divestasi Vale ini merupakan syarat agar Kontrak Karya PT Vale Indonesia dapat diperpanjang menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Saat ini, MIND ID memiliki 20% saham Vale, jika divestasi 14% berhasil, MIND ID akan memiliki 34% saham Vale.

Pemegang mayoritas saham Vale saat ini adalah Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM). Belum diketahui apakah pengurangan 14% saham itu berasal dari VCL atau SMM.