China Melibatkan Tahanan Israel di Gunung

by -55 Views
China Melibatkan Tahanan Israel di Gunung

CNBC Indonesia – Serangan Israel ke wilayah Gaza, Palestina, terus berlanjut. Tel Aviv merasa masih perlu untuk menghilangkan milisi Hamas yang menguasai wilayah tersebut. Banyak fakta baru yang terungkap, serta jumlah korban yang terus bertambah. Berikut perkembangan terbaru yang dirangkum dari berbagai sumber oleh CNBC Indonesia, Jumat (23/2/2024):

1. Pakar PBB: Israel Perkosa Tahanan Palestina
Pakar Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) angkat bicara tentang informasi terkait pemerkosaan yang dilakukan oleh petugas penjara Israel terhadap tahanan Palestina. Laporan pakar PBB menemukan bahwa setidaknya dua tahanan perempuan Palestina dilaporkan telah diperkosa, sementara yang lainnya diancam dengan pemerkosaan dan kekerasan seksual. Ahli independen yang ditunjuk oleh UNHRC, namun tidak mewakili PBB, melaporkan bahwa foto-foto merendahkan tahanan perempuan Palestina yang diambil oleh tentara Israel telah diunggah ke internet. Pelapor khusus PBB untuk kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, Reem Alsalem, menyatakan bahwa selain dua kasus pemerkosaan, juga ada laporan penghinaan seksual dan ancaman pemerkosaan. Alsalem mengatakan bahwa keengganan untuk melaporkan pelecehan seksual adalah hal yang biasa karena korban takut akan pembalasan. Dia juga mencatat bahwa setelah gelombang penahanan perempuan pasca perang Israel-Hamas, terdapat sikap yang semakin mempermudah terjadinya kekerasan seksual di pusat-pusat penahanan Israel.

2. Houthi Serang Kapal Inggris
Milisi penguasa Yaman, Houthi, mengaku bertanggung jawab atas serbuan terhadap kapal kargo milik Inggris dan serangan drone terhadap kapal perusak Amerika pada hari Kamis (22/2/2024). Hal ini terjadi ketika milisi tersebut aktif menyerang kapal dagang yang terafiliasi dengan Israel dan negara Barat lainnya sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza dan kelompok Hamas.

3. Houthi Rekrut 200.000 Pejuang
Houthi dilaporkan mulai merekrut anggota baru untuk menjadi pasukan. Hal ini dilakukan saat kelompok tersebut melancarkan serangan ke beberapa kapal dagang yang terafiliasi dengan Israel dan sekutunya di Laut Merah sebagai tanda solidaritas terhadap Gaza dan Hamas.

4. China Kirim Kapal Perang
China mengirimkan kapal perusak berpeluru kendali ke Teluk Aden sebagai bagian dari misi anti-pembajakan di tengah serangan pemberontak Houthi terhadap kapal komersial di Laut Merah.

5. Menlu Retno Bicara Gaza
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengecam Israel, menyatakan bahwa warga Palestina di Gaza tinggal di neraka akibat serangan Zionis.

6. Norwegia Sebut Israel Jajah Palestina
Norwegia menyatakan bahwa Israel menjajah Palestina di Yerusalem Timur dan Tepi Barat sebagai bentuk aneksasi yang dilarang oleh hukum internasional.

7. Israel Latihan Perang Lawan Lebanon
Pasukan Israel dilaporkan melakukan latihan militer untuk mempersiapkan perang di Lebanon.

8. Korban Jiwa Baru
Jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Gaza telah mencapai 29.514 orang, dengan lebih dari 69.616 orang lainnya terluka. Lebih dari 100 orang tewas dalam 24 jam terakhir.

9. Presiden Palestina Ungkap Rencana Israel
Kantor Kepresidenan Palestina menolak rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk masa depan Gaza, menyebutnya sebagai upaya memperpanjang pendudukan Israel di wilayah Palestina dan mencegah pembentukan negara Palestina.

Sebelumnya, Netanyahu telah memaparkan rencana masa depan Gaza yang mencakup pelantikan pejabat lokal untuk memerintah wilayah tersebut dan memberikan kebebasan beroperasi tanpa batas, serta melibatkan kehadiran militer Israel.