Iwan Bule Dongkrak Suara Gerindra di Jabar X, Jadi Caleg Favorit Lolos ke Senayan

by -108 Views
Iwan Bule Dongkrak Suara Gerindra di Jabar X, Jadi Caleg Favorit Lolos ke Senayan

Iwan Bule Caleg Favorit Lolos ke Senayan di Dapil Jabar X

Tenggara Strategics, sebuah lembaga konsultan dan penelitian yang dibentuk oleh CSIS Indonesia, The Jakarta Post, dan Universitas Prasetiya Mulya, telah merilis hasil survei elektabilitas partai, calon legislatif (caleg) Dewan DPR, dan capres-cawapres di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat (Jabar) X yang meliputi Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar.

Survei ini dilakukan pada tanggal 22-26 Januari terhadap 816 responden menggunakan metode tatap muka, dengan margin of error sebesar 3,5 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Tenggara Strategics, Riyadi Suparno, Jabar X dipilih sebagai area survei karena memiliki daftar pemilih sebanyak 2,3 juta orang, dengan 7 kursi DPR RI yang diperebutkan.

Hasil survei menunjukkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul di Jabar X dengan 46 persen. Di urutan kedua, ada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (29 persen) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (9 persen). Namun, masih terdapat 16 persen responden yang belum memberikan jawaban.

Untuk pemilihan legislatif (pileg), partai petahana masih mendominasi perolehan suara. Partai Gerindra meraih 17 persen suara, diikuti oleh PDIP dengan 13,4 persen dan PKS dengan 12,8 persen.

Salah satu faktor pendongkrak suara Partai Gerindra di Jabar X adalah kehadiran caleg pendatang baru Mochamad Iriawan (Iwan Bule) yang menggantikan posisi Ardhya Pratiwi sebagai caleg nomor satu Partai Gerindra.

Iwan Bule mendominasi tingkat popularitas (17 persen) dan elektabilitas (19 persen) di antara para caleg DPR RI di Jabar X.

Di dua kabupaten terbesar dalam dapil Jabar X, yaitu Kabupaten Ciamis dan Kuningan, Iwan Bule juga mendominasi dengan elektabilitas masing-masing 19 persen dan 18 persen.

Dengan demikian, Iwan Bule menjadi caleg favorit yang berpotensi lolos ke Senayan dari dapil Jabar X.

Source link